Cara Menanamkan Rasa Tanggung Jawab pada Diri Anak sejak Dini

Menanamkan sikap tanggung jawab pada diri anak tentu tidak dapat dilakukan secara instan. Perlu ekstra kesabaran dalam melatih dan mengajarkannya sedikit demi sedikit. Selain itu ada baiknya pula jika anda melakukan hal ini sejak ia masih berada pada usia dini. Pasalnya pada masa – masa ini pikiran dan kepribadian anak masih sangat polos, sehingga akan lebih mudah untuk mengajarkan sesuatu kepada mereka. Bahkan umumnya apa yang mereka dapatkan pada usia dini ini akan terus melekat pada pribadinya hingga ia beranjak dewasa kelak.

Lantas bagaimana cara mengajarkan dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak? Untuk dapat melakukannya ada trik mudah yang cukup efektif dan efisien yang dapat anda lakukan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

TJ

Trick ajarkan anak rasa tanggung jawab sejak dini

Mengajarkan tanggung jawab kepada anak tentu sangat tidak efektif jika anda memulainya dengan memberikan pengertian tentang apa itu tanggung jawab. Akan tetapi pemberian contoh real yang dapat di saksikkan anak adalah cara yang jauh lebih baik. Mulailah dengan melakukan kegiatan sederhana bersam si kecil, misalnya dengan meletakkan pakainan kotor pada keranjang atau merapikan kembali mainan yang selesai ia gunakan. Beberapa hal kecil seperti itulah yang akan dengan sendirinya menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri anak.

Selain itu anda juga dapat membuatkan daftar tugas sederhana yang harus ia lakukan sebagai sebuah rutinitas setiap hari, seperti melipat selimut setelah bangun tidur, membuang bungkus makanan pada tempat sampah, atau jika anak anda sudah cukup umur biasakan ia untuk mencuci alat makannya sendiri sehabis digunakan. Dengan membuatkan jadwal atau daftar tugas tersebut maka secara tidak langsung anda telah mengajarkan anak untuk disiplin. Dimana sikap disiplin ini sangat erat kaitannya dengan sikap tanggung jawab yang akan dimiliki si kecil.

author