Cara menangani Anak yang menderita rhinitis

No comment 655 views

Penderita rhinitis biasanya akan mengalami bersin di pagi hari. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak, hingga orang dewasa. Jika anak mengalami rhinitis hal utama yang perlu dilakukan adalah menghindarkan anak dari debu dan tungao. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan tampat, menghindari penggunaan kasur kapuk, membersihkan boneka berbulu dan rajin membersihkan pendingin ruangan. Tempat tidur atau bantal yang jarang dibersihkan merupakan tempat hidup tungau, karena tungau memakan sel-sel kulit mati manusia.

Menurut Dina (2012), obat-obatan yang digunakan bergantung pada berat ringannya penyakit. Pada rhinitis alergi ringan dengan kekambuhan yang jarang, obat yang dapat digunakan adalah antihistamin. Sementara apabila rhinitis alergi berat atau dengan kekambuhan yang sering, anak akan diminta menggunakan obat semprot hidung yang berisi steroid dosis sangat rendah untuk mengurangi reaksi peradangan pada hidung. Lama penggunaan obat antihistamin dan obat semprot hidung steroid bervariasi dan dapat berlangsung sampai sekitar 6 bulan bergantung pada berat ringannya penyakit.

batuk pilek

Untuk penyakit rinitis ringan atau baru gejala sebaiknya mintalah anak untuk sering mjembersihkan hidung. Pemberian antibiotik sebaiknya diberikan ketika rhinitis sudah parah. Kalau rhinitis sudah sangat parah, pemberian antibiotik sudah tidak lagi memberikan efek yang signifikan, sehingga perlu imunoterapi. Treatment ini bertujuan agar lama-kelamaan tubuh beradaptasi dnegan penyebab alergi.

Selain penyakit rhinitis dan cara penanganannya, simak juga penyakit-penyakit lain dan cara penanganannya.

author