Cara Menangani Penyakit Miliria

No comment 589 views

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, miliria adalah penyakit kulit yang dikarenakan pertumbuhan dan dan kulit bayi yang belum dapat berfungsi dengan sempurna. Penyakit ini ditandai dengan adanya bintik-bintik merah pada kulit anak, terutama di bagian lekuk-lekuk tubuh, leher, dada, dan punggung.

Penyakit kulit ini mungkin akan timbul kembali ketika musim panas. Jika tidak diobati mungkin akan mengakibatkan bernanah dan menjadi bisul jika teriritasi kuman. Oleh karena itu, cara mengobati penyakit miliria perlu dilakukan:

penyakit kulit pada anak

  1. Selalu ganti baju anak ketika berkeringat banyak. Sebelmnya siapkan dulu alat-alat untuk mengganti baju dan membersihkan kulit bayi, seperti air hangat dan waslap.
  2. Keringkan kulit yang terkena miliaria dengan waslap bersih yang telah dibasahi dengan air hangat. Atau memandikannya terlebih dahulu dengan air hangat juga direkomendasikan. Akan tetapi, usahakan agar air tidak teelalu panas dan memicu timbulnya keringat.
  3. Biarkan kulit terbuka sejenak, tujuannya agar kering dengan sendirinya. Jangan di lap dengan handuk, takutnya nanti terjadi gesekan yang mengakibatkan miliria terinfeksi.
  4. Taburkan bedak terutama di daerah dada dan punggung.
  5. Pakaikanlah pakaian kering yang menyerap keringat, seperti katun dan kaos.
  6. Bila terjadi peradangan atau miliritis yang parah, segera periksakan Anak Anda ke dokter.

Jika memang, miliria telah menyerang anak Anda, cara menangani miliria diatas sangat dianjurakan untuk dikerjakan. Akan tetapi, jika anak Anda belum terserang penyakit ini, ada baiknya Anda belajar cara mencegah miliria pada anak.

author