Cara Mencegah Alergi Pada Bayi

No comment 667 views

Tidak hnya orang dewasa, bayi pun juga kerap kali mengalami alergi. Penyebabnya pun ada banyak, misalkan karena diberi makanan yang tidak cocok dengan kondisi tubuhnya. Selain itu, kulit sensitif si bayi juga berpengaruh terjadinya alergi pada bayi. Sama halnya dengan alergi pada orang dewasa, alergi pada bayi juga biasanya ditandai dengan bintik – bintik merah pada kulitnya.

alergi bayi

Jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan dapat menyebebkan kerusakan pada sel kulit bayi. Dan hal ini sangat tidak baik untuk perkembangan si buah hati, karena nantinya kulit bayi bisa menjadi tidak peka terhadap sesuatu. Maka dari itu, sebaiknya cegah alergi pada bayi sedini mungkin. Bila anda tidak tahu caranya, silakan simak tips cara mencegah alergi pada bayi berikut ini.

Memeberi Bayi ASI
masa sensitif kulit bayi biasanya 4 –  6 bulan setelah dilahirkan, dan selama masa itu sebaiknya berikan asi untuk bayi anda. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizinya, ASI juga dapat membantu kekebalan tubuh si bayi dan mencegah alergi pada bayi.

Susu Formula
Selain ASI, anda juga bisa memberikan bayi anda susu formula yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Jadi nantinya bayi tidak akan mudah alergi, khususnya ketika diberi makanan – makanan tertentu yang sering kali dapat menyebabkan alergi seperti ikan.

Memberikan Makanan Padat
Supaya dikemudian hari bayi tidak mengalami alergi, sebaiknya biasakan memberikan makanan padat untuk bayi anda. Tujuannya supaya sistem pencernaan bayi terbiasa dengan mencerna makanan padat, dalam beberapa kasus banyak bayi yang alergi ketika tiba – tiba diberikan makanan dengan tekstur padat.

Nah itulah cara mencegah alergi pada bayi, yang terpenting usahakan untuk menghindarkan bayi anda agar terbiasa mengkonsumsi makanan dengan tekstur padat. Selain itu, bila alergi terjadi pada kulit bayi sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penangan yang lebih baik.

author