Cara Mencegah Kekerasan Pada Anak

No comment 1045 views

Tindakan kekerasan dalam rumah tangga tidak hanya meliputi wanita (istri) saja, melaikan juga banyak yang melibatkan anak – anak. tentunya hal ini sangat tidak baik untuk anak – anak, pasalnya dapat menggangu perkembangan mental mereka. Namun orang tua yang tidak menyadari dampak dari kekerasan terhadap anak sering kali melakukan tindakan kasar pada anaknya, semisal menjewer telinga si anak ketika anaknya melakukan kesalahan.

kekerasan pada anak
Sebenarnya hal seperti itu akan dapat membuat mental si anak rusak, sebagai contoh anak akan mulai takut dengan orang tuanya karena sering dijewer. Selain itu, hal seperti ini juga dapat menyebabkan anak anda menjadi lebih nakal dan bukan tidak mungkin mengikuti perbuatan yang anda lakukan padanya. Misalkan menjewer telinga temannya sendiri, tentunya hal seperti ini akan sangat membahayakan untuk perkembangan si anak itu sendiri.

Oleh karena itu, hindarkanlah anak anda dari tindakan kekrasan seperti menjewer, memukul, ataupun memakinya. Karena semua tindakan tersebut hanya akan menimbulkan efek negatif pada anak, dan sulit sekali menimbulkan efek jera pada anak seperti yang di inginkan oleh orang tuanya. Pasalnya anak – anak masih belum terlalu mengerti sebesar apa kesalahan mereka, sehingga dihukum seperti apapun mereka masih berpeluang mengulangi kesalhan yang sama.

Untuk cara mencegah terjadinya kekerasan pada anak, anda sebagai orang tua harus lebih sabar dalam mendidik anak. Selain itu anda juga harus lebih dekat dengan si anak, sehinga bisa memantau perkembangannya secara langsung. Sebab kekerasan pada anak juga bisa disebabkan oleh orang dewasa lainnya, dalam beberapa kasus ada anak – anak yang sampai mendapatkan pelecehan seksual dari orang dewasa disekitarnya.

Bagi anak – anak yang seperti itu, nantinya akan ada perubahan perilaku sehingga anda akan mudah mengenali perubahan tersebut. Jadi jika anak anda bersikap beda dari biasanya, ada kemungkinan anak anda telah mendapatkan tindakan kekerasan dari orang lain. Jadi pantau terus perkembangan anak anda, selain itu didiklah anak anda dengan lemah lembut untuk membentuk akhlaknya menjadi lebih mulia.

author