Cara Mengatasi Anak Nakal Yang Wajib Diketahui Orang Tua

Tingkah polah anak memang berbeda-beda seiring dengan masa pertumbuhan mereka. Tentu saja peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi dan mengajarkan agar si kecil agar mereka tak mendapatkan didikan yang salah. Terlebih lagi adanya pengaruh lingkungan yang tidak ada satupun dapat mencegahnya. Untuk itu, bersikap bijak dalam menghadapi kenakalan si kecil sangat dibutuhkan agar mereka tak merasa sendiri.

Satu hal yang perlu diketahui adalah aturan orang tua yang mereka terima sewaktu kecil tidak bisa disamakan dengan kehidupan anak pada masa sekarang. Tindakan keras yang cenderung mengarah kepada fisik pada akhirnya akan membuat mereka semakin jauh dari orang tua. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan membuat mereka semakin nakal. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak nakal?

Cara Mengatasi Anak Nakal dengan Melakukan Pendekatan

cara mengatasi anak nakalPendekatan yang dilakukan orang tua dengan tidak langsung menyalahkan akan membuat anak lebih merasa dihargai. Berdiskusi atau bertanya tentang persoalan yang terjadi dipercaya lebih efektif karena mereka secara tidak langsung akan mengakui kesalahan yang mereka perbuat. Meskipun demikian, tindakan hukuman pun dapat diberikan untuk membuat si kecil menjadi jera.

Kemudian, cara mengatasi anak nakal juga dapat dengan memberi aktifitas yang positif dan menyenangkan. Pilihlah permainan yang dapat meredam emosi atau pun menyalurkan hasrat mereka untuk bermain. Hal ini bertujuan agar pikiran anak lebih tertuju kepada permainan yang mereka kerjakan.

Apakah Kenakalan Anak Bentuk Mencari Perhatian?

Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan anak mereka semakin nakal dan susah diatur walau sudah diberi hukuman atau pun teguran. Kalau sudah begitu, haruslah diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya. Seperti adanya pihak ketiga atau lahir “adik” yang pastinya membutuhkan perhatian lebih sehingga si kakak merasa tersaingi.

Nah, kalau sudah begini, cara yang dapat dilakukan adalah mengajak anak untuk sama-sama merawat dan menyiapkan kebutuhan si kecil sehingga membuat ia merasa dibutuhkan. Perlahan namun pasti, kenakalannya akan berubah menjadi sikap yang manis dan lembut. Tidak sulit bukan cara mengatasi anak nakal?

author