Cara Mengatasi Anak Suka Corat Coret Tembok

No comment 1817 views

Orang tua seringkali menemukan coretan coretan pada dinding rumah yang dilakukan oleh si kecil. Betul? Mengapa anak kecil suka sekali mencoret coret?

Anak umur 3 tahun biasanya senang sekali mencoret-coret di segala tempat. Biasanya di kursi, dimeja,ditembok atau didinding, dilemari dan lain-lain. Hal seperti itu merupakan perbuatan normal bagi anak umur segitu.

Perbuatan ini sangat berguna untuk persiapan belajar menggambar dan menulis. Oleh karena itu berbahagialah jika putera-puteri ibu telah mempersiapkan diri untuk masuk sekolah. Yang penting adalah bagaimana cara memindahkan kegemaran mencoret-coret tersebut agar tidak lagi di tembok, kursi atau tempat-tempat lain yang bukan untuk mencoretcoret tetapi ke tempat-tempat yang khusus untuk mencoret-coret. Misalnya:

• Belikan kapur minyak dan kertas-kertas yang agak lebar atau papan tulis dan kapur , selanjutnya pujilah setinggi langit hasil-hasil coretannya bila mencoret-coret di kertas atau papan tulis yang telah ibu sediakan.
• Celalah coretannya bila mencoba mencoret-coret tembok atau tempat-tempat lainnya yang bukan tempat yang disediakan untuk mencoret-coret.
• Amati hasil coretannya, di hasil coretan tadi pasti ada beberapa bentuk yang terwujud misalnya: bentuk bola, bentuk persegi (ketupat), bentuk ikan dan sebagainya. Kemudian tunjukkan secara heran (kagum) bentuk yang terjadi tersebut dan suruh anak mewarnainnya.
Cara diatas akan mempercepat mengalihkan perbuatannya mencoret-coret disembarang tempat tanpa membatasi keinginannya belajar menulis atau menggambar.

Sumber : blogspot.com

author