Cara Mengatasi Bayi Cegukan

No comment 790 views

Bayi yang masih beurisa beberapa bulan biasanya masih belum dapat mencerna makanan padat, sehingga sang ibu biasanya hanya memberikan si bayi air susu ibu (ASI). Memberikan ASI pada bayi memang sangat dianjurkan oleh dokter, sebab air susu ibu memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Namun sayangnya karena kelebihan meminum ASI, bayi terkdang mengalami cegukan.

bayi cegukan
Banyak orang takut jika bayi mereka mengalami cegukan, namun sebenarnya cegukan pada bayi bisa jadi tidak berbahaya selama si bayi masih bisa tertawa, tersenyum, minum, makan, dan hal lainnya. Pada intinya selama cegukan tidak menggangu kegiatan si bayi hal tersebut tidak berbahaya, berbeda halnya jika si bayi cegukan dan membuatnya merasa tidak nyaman maka sangat cegukan pada bayi harus segera di atasi. Bila anda bingung bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi, silakan simak tips berikut ini.

Sebelumnya, perlu diketahui jika cegukan merupakan salah satu gerakan refleks dari tubuh dan disertai dengan suara yang khas akibat iritasi dari diafragma. Selain itu, Cegukan juga membuat kondisi yang tidak menyenangkan dan bisa mempengaruhi orang-orang dari segala usia termasuk bayi yang baru lahir. Penyebabnya sendiri juga beragam, bisa juga karena posisi tidur dan juga makanan pada bayi.

Sebenarnya jika bayi cegukan tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang tuanya, sebab cegukan dapat hilang dengan sendirinya. Namun sejumlah dokter menyarankan, jika bayi mengalami cegukan sebaiknya buat sang bayi terkejut dengan sesuatu supaya cegukannya bisa hilang. Selain itu, ketika sang ibu menyusui bayinya pastikan si bayi minum dengan perlahan dan dalam keadaan tenang agar si bayi tidak mengalami cegukan kembali.

author