Cara Mengatasi Bayi Susah BAB

No comment 597 views

Setiap bayi pastinya akan mulai belajar untuk mencerna makanan dengan tekstur yang lebih padat, misalkan jika awalnya hanya diberi ASI saja maka untuk kedepannya sang ibu akan mencoba memberikannya bubur. Memberikan bayi maknan dengan tekstur yang lebih padat sebenarnya sangat perlu untuk dilakukan, sebab pada masa tersebut sistem pencernaan si bayi akan mulai belajar mencerna makanan.

bayiNamun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan dengan tekstur yang lebih padat pada bayi, sehingga sering kali muncul masalah kesehatan seperti bayi susah buang air besar (BAB). Jika dibiarkan, bayi yang susah BAB akan mudah terserang penyakit dan juga akan memuntahkan setiap makanan yang diberikan.

Oleh karenanya, setiap orang tua harus jeli mengetahui bayi mereka memiliki sistem pencernaan yang lancar atau tidak. Perlu diketahui, bayi yang sehat dan normal biasanya akan buang air besar (BAB) minimal satu kali sehari. Bila bayi anda pernah sampai tidak BAB dalam satu hari, ada kemungkinan bayi tersebut memiliki masalah buang air besar. Untuk solusinya, silakan ikuti cara mengatasi bayi susah BAB berikut ini.

Bila bayi anda sering tidak lancar BAB, ada baiknya anda memberikan buah pepaya. Sebab pepaya mengandung enzim yang dapat mempermudah proses pencernaan, sehingga bayi yang rajin mengkonsumsi buah pepaya akan memiliki sistem pencernaan yang sehat. Namun tetap perlu diperhatikan juga, buah pepaya yang diberikan pada anak adalah yang sudah matang.

Nah itulah salah satu cara terbaik untuk emngatasi bayi yang susah BAB, namun bila bayi terus mengalami susah BAB ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter. Pasalnya bayi susah BAB bisa tidak hanya disebabkan oleh sistem pencernaanya yang belum baik, tetapi bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya.

author