Cara Mengatasi Demam Pada Anak

No comment 605 views

Tidak dapat dipungkiri, sistem kekebalan tubuh pada anak yang masih belum baik memang seringkali menyebabkan anak – anak sakit. Salah satu sakit yang sering menimpa anak – anak adalah Demam, yaitu perubahan suhu panas tubuh anak yang juga kadang membuat anak merasa sakit kepala. Meski terlihat sepele, namun demam sebenarnya dapat membahayakan si anak, dan jika dibiarkan amalah bisa membuat si anak meninggal dunia.

demam pada anak
Maka dari itu kita sebagai orang tua harus memberikan penanganan yang tepat ketika si anak sedang demam, khususnya melakukan pertolongan pertama yang tepat. Dan berikut ini adalah bebrapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak, berikut informasi selengkapnya.

Kompres
Hal pertama yang harus anda lakukan jika anak anda demam adalah mengompresnya, hal ini bertujuan untuk mengurangi panas si anak. Caranya ambil air hangat dan sebuah lap/handuk, kemudian masukan lap/handuk tersebut pada air hangat lalu peras dan kemudian tempelkan pada dahi si anak.

Pijat
Untuk membuat kondisi anak lebih nyaman saat demam, sebaiknya anda melakukan sedikit pijatan ringan pada tubuh anak anda. hal ini bertujuan untuk membuat syaraf – syaraf anak anda tidak tegang karena perubahan suhu tubuh yang tiba – tiba, biasanya syaraf yang tegang akan ditandai dengan anak yang menggigil ketika demam.

Obat Penurun Panas
Sebaiknya anda selalu menyediakan obat penuruin panas, sehingga bila anak anda demam bisa segera memberikan obat penurun panas. Dengan memberikan obat penurun panas, maka anak anda akan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Nah itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak, namun bila demamnya tak kunjung membaik segera bawa ke dokter untuk penangan yang lebih baik. Untuk menghindari demam, sebaiknya jangan biarkan anak anda hujan – hujanan.

author