Cara Mengatasi Demam pada Bayi

No comment 588 views

bayi demam

Demam bukanlah suatu jenis penyakit, namun merupakan tanda bahwa sistem imun pada bayi tengah aktif bekerja melawan penyakit. Penyebab utama terjadinya demam pada bayi ini umumnya adalah adanya infeksi virus atau bakteri jahat dalam tubuhnya. Jika sistem kekebalannya mampu mengatasi infeksi  tersebut, maka demam yang diderita akan segera turun dengan sendirinya.

Meskipun demikian setiap orang tua tentunya akan merasa kawatir jika si kecil terserang demam. Terlebih setiap bayi tentunya akan rewel jika merasakan sesuatu yang tidak normal dalam dirinya. Oleh sebab itu masalah demam pada bayi ini harus secepat mungkin diatasi agar tidak berkelanjutan. Untuk itu berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menangani demam pada bayi:

  • Usahakan untuk secara rutin memantau suhu tubuh bayi dengan menggunakan thermometer anak.
  • Berikan cairan yang cukup pada bayi, untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat perubahan suhu tubuh.
  • Berikan nutrisi yang cukup dan seimbang agar sistem kekebalan tubuhnya meningkat sehingga mampu mengatasi infeksi yang menyebabkan demam.
  • Kompres pada bagian seperti dahi atau perut dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk membuka pori pori tubuh dan melebarkan pembuluh darah tepi dikulit sehingga akan mempercepat penguapan.
  • Berikan obat penurun panas atau demam, jika suhu tubuh semakin tinggi. Namun segera hentikan pemberian obat jika suhu sudah kembali normal.
  • Kenakan baju yang mampu menyerap keringat, dan usahakan jangan selimuti bayi rapat – rapat jika memang tak menggigil, karena hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara pada tubuh bayi tidak lancar.
  • Segera bawa ke dokter anak, jika demam tidak segara turun atau justru semakin naik.
author