Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

No comment 1257 views

Anak – anak memang sering sekali mengalami pilek, hal tersebut disebabkan oleh kekebalan tubuhnya yang masih kurang baik. Walhasil hampir sebulan sekali setiap anak, khususnya yang masih di bawah 5 tahun lebih sering terkena pilek. Biasanya ada yang sampai mengeluarkan ingus dari hidungnya, namun ada juga yang malah mampet hidungnya karena tersumbat. Untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak bisa dibilang gampang – gampang susah, sebab kondisi fisik si anak yang tidak sama dengan orang dewasa membuat orang tua kesulitan mencarikan obat.

hidung mampet

Takutnya nanti bila diberikan obat dari dokter dosisnya terlalu keras untuk anak – anak, dan hal tersebut bisa saja memberikan efek samping berbahaya bagi si anak. Maka dari itu, untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak diperlukan beberapa tips alami, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan si anak. Dan berikut ini telah kami rangkumkan beberapa tips untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut informasi selengkapnya.

1. Minyak Kayu Putih
Cara terbaik mengatasi hidung tersumbat pada anak adalah dengan menghangatkan disekitar bagian hidungnya, hal ini bertujuan untuk mengencerkan ingus yang terdapat pada hidung. Sebab hidung yang mampet disebabkan oleh ingus yang masih kental, sehingga sulit untuk keluar melalui hidung.

2. Mandi Air Hangat
Carai lainnya yang dapat anda coba adalah mandi air hangat, hal ini bertujuan untuk menghangatkan suhu tubuh. Dan biasanya memang bisa mengatasi hidung tersumbat pada anak, namun tentunya membutuhkan sedikit waktu setelah mandi dengan air hangat.

3. Membersihkan Hidung Dari Ingus
Seperti yang kita ketahui, hidung  tersumbat disebabkan oleh ingus. Oleh karena itu, ketika ingus mulai keluar dari hidung sebaiknya segera dibersihkan. Sehingga masalah hidung tersumbat pun akan cepat teratasi, selain itu dengan membersihkan hidung dari ingus juga akan mempercepat penyembuhan pilek.

Dengan melakukan tips di atas, kami yakin masalah hidung tersumbat pada anak anda akan bisa segera teratasi. Namun jangan lupa memberikan waktu istirahat yang cukup untuk si anak, bagaimana pun juga dengan tidur yang cukup akan lebih mempercepat penyembuhan hidung tersumbat pada anak.

author