Cara Mengatasi Konstipasi Pada Bayi

No comment 444 views

Kebanyakan para orang tua tidak mengetahui cara mengatasi konstipasi pada bayi mereka. Seperti yang kita ketahui konstipasi atau yang kita kenal dengan sembelit adalah kelainan yang terjadi pada system pencernaan manusia. Gejala sembelit biasanya terasa sakit ketika terjadi pengerasan tinja yang berlebihan sehingga seorang akan sulit untuk buang air besar atau apabila tinja dikeluarkan akan menyebabkan rasa sakit yang hebat pada penderitanya. Dalam hal ini keluhan terkait dengan sembelit pada umunya sering dijumpai pada setiap orang.  menurut perkiraan sekitar 80 persen setiap orang pernah mengalami sembelit yang disebabakan oleh berbagai faktor, seperti halnya kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, panas dalam, stress atau depresi, pengaruh hormon, usus kurang elastic dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan berbagai tips yang perlu anda perhatikan dalam menjaga kesehatan pada bayi anda. Nah dalam hal ini adapun cara mengatasi konstipasi pada bayi yang dapat anda lakukan secara alami. Untuk menyimak secara lengkap marilah kita masuk pada tips-tips berikut.

  • Obat penlancar alami. Adapun pembuatan obat penlancar alami yang aman untuk bayi dapat dilakukan dengan cara merendam buah plum dengan air panas dan biarkan semalaman. Minumkan satu sendok teh air rendaman buah plum tersebut ke bayi.
  • Hindari makanan tertentu untuk bayi. Untuk menjaga agar tidak terjadinya sembelit pada bayi anda hindarkan makanan seperti pisang yang masih cukup mentah, telur dan lain-lain.
  • Memijat perut bayi. Pijatlah perut bayi dengan lebut searah jarum jam, kemudian mandikanlah bayi dengan air hangat. Hal ini dapat membuat tubuh bayi menjadi relaks dan panas dapat memperlancar kembali pencernaan dan pembuangan tinja yang terhambat.
  • Pengobatan melalui ASI. Bayi dapat merasakan makanan apa yang dikonsumsi oleh ibunya melalui ASI yang diminumnya. Sehingga ibu perlu meningkatkan asupan air minumnya hingga 6-7 gelas air mineral setiap hari.
  • Latihan kaki. Bantu bayi anda untuk melakukan latihan ringan dengan membaringkan dan membuat bayi bergerak menedang-nendang seperti sedang bersepeda.

Nah diatas merupakan beberapa cara mengatasi konstipasi pada bayi yang dapat anda lakukan di rumah demi menjaga kesehatan pada anak anda.

author