Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

No comment 602 views

Anak yang masih berumur di bawah 12 tahun memang mudah sekali mengalami mimisan, yaitu keluarnya darah dari hidung. Penyebab mimisan sendiri ada banyak, misalanya karena benturan ataupun karena ada benda asing di hidungnya. Namun perlu anda ketahui, mimisan yang tidak kunjung berhenti dapat menyebabkan hal yang patal pada anak anda. Oleh sebab itu, jika anak anda mengalami mimisan sesegera mungkin lakukan tindakan untuk menghentikan mimisan pada anak.

Cara Mengatasi Mimisan pada Anak
Cara terbaik untuk mengatasi mimisan pada anak memang dengan langsung membawanya ke dokter, namun bila rumah anda jauh dari dokter anda bisa melakukan pertolongan pertama sebelum sampai di tempat dokter. Dan berikut ini adalah cara menangani mimisan pada anak yang dapat anda terapkan bila anak anda mimisan, langsung saja berikut informsi sselengkapnya.

1. Langkah pertama, anda dudukan andak anda sambil bersandar ditembok atau bisa juga di tangan anda sambil menunduk sedikit ke bawah. Jangan sampai membiarkan anak anda menghadap ke atas ataupun menyedot darah mimisan, karena darah yang tertelan dapatmenyebabkan tersedak, tiumbulnya batuk ataupun mual sampai muntah.

2. Jika sudah melakukan langkah pertama tadi, selanjutnya berikan tekanan yang lembut pada bagian lunak hidung. Baru setelah itu jepit bagian tonjolan hidung dengan lap atau tisu bersih selama 5 – 10 menit, tujuannya supaya pendarahan pada hidung berhenti.

3. Setelah mimisan berhenti, jangan biarkan anak anda menyentuh hidungnya ataupun mengorek bagian dalam hidung. Pasalnya jika anak anda mengorek – ngorek bagian dalam hidungnya dapat menyebabkan mimisan kembali.

Dengan melakukan tips di atas, kami rasa untuk sementara mimisan anak anda bisa berhenti untuk sementara. Karenanya akan lebih baik jika setelah mimisan anak anda berhenti langsung membawanya ke dokter untukemndapatkan penanganan yang lebih serius.

author