Cara Mengatasi Sakit Telinga pada Anak

No comment 4398 views

Selain sakit gigi, sakit telinga pada anak juga sering terjadi dan benar-benar membutuhkan perawatan yang cukup. Telinga anak mungkin akan tampak memerah, terasa hangat ketika disentuh, serta mengalami demam ringan. Infeksi telinga yang berawal dari sakit memang merupakan masalah umum yang terjadi pada anak dan bayi.

Sejatinya, untuk mengatasi masalah ini Anda tidak perlu pergi ke dokter setiap saat dan kemudian menghabiskan biaya yang cukup mahal. Karena, beragam infeksi pada telinga sebenarnya bisa saja dikurangi atau bahkan disembuhkan dengan cara-cara berikut ini.

Minyak bawang putih

Anda dapat membeli minyak bawang putih dan kemudian memberikan dua tetes minyak bawang putih tersebut ke dalam telinga yang sakit. Caranya adalah dengan menempatkan sepotong kapas dan kemudian berilah minyak bawang putih sehingga cairan bawang tersebut akan mengalir lewat kapas.

Mengompres

Sebuah kain yang dicelupkan ke dalam air hangat bisa digunakan dalam rangka melegakan rasa sakit dan memperlancar sirkulasi darah. Kain yang Anda gunakan juga bisa dikompres dalam semanguku air garam namun hangat. Telah dikenal secara luas bahwa garam mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh sakit pada telinga.

Jus bawang bombai

Jus bawang bombai ternyata juga ampuh dalam menyembuhkan infeksi telinga dan mengurangi rasa sakit. Untuk mengatasinya, cukup dengan dua atau tuga tetes ke telinga yang terasa sakit dan dijamin rasa sakit bisa berkurang.

Mengkonsumsi vitamin C

Salah satu hal yang direkomendasikan dalam rangka mengurangi infeksi pada telinga adalah mengkonsumsi vitamin C yang cukup. Dengan cara itu, maka anak akan mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang meningkat dan kemudian menjadikan ia terhindar dari infeksi telinga.

Tetesan air

Jika anak Anda mengalami sedikti rasa sakit pada telinga karena tetesan air yang sulit keluar, mungkin salah satu cara terbaiknya adalah memberikan satu tetes air dan kemudian memiringkannya atau memberikan ia kesempatan untuk lompat-lompat agar semua cairan dapat keluar.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit telinga pada anak, semoga dapat membantu Anda.

author