Cara Mengatasi Terlambat Bicara pada Balita

No comment 623 views

Terlambat bicara pada balita merupakan sebuah hal yang sangat sering terjadi. Ketika kasus ini terjadi, banyak pula orang tua yang merasa khawatir sehingga mereka melakukan beragam cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara sang balita. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam kategori ini, berikut adalah tips dan caranya.

Mengajak balita anda mengobrol

Ajaklah balita anda berkomunikasi sehingga ia mampu memperkaya kosakata dari waktu ke waktu. Buat ia mempelajari kata baru dengan mendengar dan mencoba kata tersebut melalui mulutnya. Mungkin saja, salah satu penyebab keterlambatan bicara pada anak anda disebabkan oleh ketidaktahuannya dalam berbicara.

Mendeskripsikan sesuatu

Bicara padanya terkait dengan deskripsi banyak objek. Misalkan, anda memegang sebuah pena dan menjelaskan secara terperinci bagian pena, bagaimana menggunakannya, dan apa saja warna tinta yang ada di pena tersebut.

Membacakan cerita

Ambillah buku cerita bergambar kemudian bacakan kepada anak anda. Buat ia mengerti apa yang ada di dalam cerita dan penjelasan apa saja yang bisa diambil dari beragam gambar yang ada di dalam cerita. Cara tersebut membuat anak mengetahui bagaimana cara berbicara yang baik, penjelasan yang lengkap, dan hal lain yang bisa meningkatkan kosakatanya.

Mengajarkan anak bernyanyi

Menyanyi bukan hanya kegiatan yang menghibur namun juga menjadi salah satu cara mengajarkan anak untuk berbicara. Ajaklah anak anda untuk bernyanyi dengan tempo yang sangat lambat. Berikan pemahaman kosakata melalui gerakan anda ketika bernyanyi dan buat anak untuk menirukannya.

Ajak anak bersosialisasi

Salah satu kesalahan orang tua dalam mendidik balita adalah tidak mengajaknya bersosialisasi dengan anak lainnya. Ajak balita anda untuk mengenal anak seumurannya dengan baik dan buat ia nyaman dengan situasi tersebut. Seorang anak akan terlatih kemampuan bicaranya ketika ia mampu mendapatkan teman untuk mengobrol, bermain, dan melakukan aktivitas lainnya bersama-sama.

Itulah cara mengatasi terlambat bicara pada balita yang bisa anda coba.

author