Cara Mengenal Sebab Perbedaan Pandangan

No comment 428 views

Cara Mengenal Sebab Perbedaan Pandangan

1.    Orang tua
Suka atau tidak, pandangan orang tua kita tentang hidup mempengaruhi cara pandang kita juga. kita mungkin memegang teguh nilai-nilai dan cita-cita warisan mereka atau malah menganut prinsip yang berbeda sama sekali dengan prinsip hidup mereka. Coba refleksikan sikap orang tua kita dan bagaimana sikap mereka mempengaruhi sikap hidup kita sampai saat ini.

2.    Lingkungan
Lingkungan tempat kita berada berpengaruh besar terhadap pandangan kita pada banyak hal. Apa yang terjadi bila kita hidup dan dibesarkan di New York atau di delta sungai Nil? Apakah lingkungan masa kecil kita mempengaruhi visi hidup kita?

3.    Masyarakat
Banyak orang berprestasi tinggi belajar bersama dengan orang-orang yang memiliki tingkat prestasi yang sama di sekolah. Dalam lingkungan seperti itu, mereka terpacu untuk lebih bersaing. Siapa di antara teman-teman sebaya kita yang meraih banyak prestasi? Apa yang bisa kita petik dari pengalaman mereka?

4.    Kegemaran
Kita mungkin mencintai olahraga sepak bola atau tidak suka musim hujan. Mungkin kita senang memelihara kucing-kucing peranakan pilihan atau malah pernah digigit anjing sehingga kita sangat membenci anjing. Pengalaman-pengalaman awal apa yang melatarbelakangi kegemaran kita sekarang? Kita bahagia dengan kegemaran kita atau perlu mencari tantangan baru?

5.    Postur tubuh
Jika kita berjalan tegak, dunia akan tampak lebih luas. Sebaliknya, bila berjalan dengan badan membungkuk, kita hanya bisa melihat langkah kedua kaki kita sendiri. Cara kita berdiri mempengaruhi apa yang bisa kita lihat. Jika postur tubuh kita pendek, coba bayangkan apa rasanya bisa melihat kerumunan orang dengan tubuh tinggi. Jangan biarkan masalah tinggi badan merintangi langkah kita ke masa depan!

6.    Harapan
Harapan pribadi dan orang-orang di sekitar akan mempengaruhi pola pikir kita. Coba kritisi harapan-harapan kita sendiri. Masuklah ke situasi-situasi yang tidak kita sukai dan temukan apa kenyataan sebenarnya.

7.    Politik
Sudut pandang politik kita akan melahirkan sikap dan pandangan baku tertentu yang akan kita anut atau kita tentang. Kadang, ada baiknya bersikap netral, sehingga kita bebas menentukan pandangan pribadi mengenai sesuatu. Perhatikan dan bandingkan manifesto partai-partai politik yang ada.

8.    Persepsi
Cara pandang kita akan sesuatu bisa berbeda dengan cara pandang orang lain mengenai hal yang sama. Karena itu, kita perlu memahami perbedaan persepsi orang-orang sekeliling. Hindari sikap memaksakan pandangan pribadi kepada orang lain.

9.    Filosofi
Kata ini memiliki cakupan lebih luas dari sekadar agama. Keyakinan pribadi mengenai hidup, kematian dan spiritualitas membentuk pandangan hidup kita. Bukan masalah filsafat yang benar atau yang salah. Perhatikan bagaimana filosofi atau prinsip hidup orang di sekeliling kita mengubah cara pandang mereka terhadap dunia.

10.    Keadaan
Keadaan sangat sumpek menimbulkan perbedaan besar dalam cara pandang kita mengenai dunia. Kita bisa menilai orang lain lebih baik bila jumlah orang yang ada di sekitar kita tidak banyak. Untuk itu, coba luangkan waktu bagi diri sendiri di tempat tenang. Kemudian, masuk kembali ke keramaian. Di kedua situasi itu, kita tetap menjadi diri sendiri. Namun, kita merasakan hal yang berbeda pada setiap situasi. Tanyakan kepada diri sendiri, mengapa perbedaan rasa tersebut terjadi?

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author