Cara Mengetahui Tumbuh Kembang Anak

No comment 1683 views

Mengetahui tumbuh kembang anak sangatlah diperlukan bagi orang tua untuk lebih mengetahui perkembangan anak ke tahap yang normal. Namun, perkembangan setiap anak berbeda.

Jika anak Anda tidak mengembangkan keterampilan tertentu dengan waktu tertentu, maka anda harus waspada dan jika setelah satu-dua bulan anak Anda tidak mengembangkan tahap perkembangan tertentu mereka harus diperiksa lebih lanjut untuk mewaspadai terjadinya kondisi seperti autisme dan gangguan lain yang dapat mempengaruhi seorang anak mencapai tahap perkembangan.

Dalam empat bulan pertama, anak Anda akan belajar untuk mengenali Anda, tersenyum, tertawa, menangis, dan mulai membuat suara dalam upaya untuk berkomunikasi. Tahap berikutnya mereka bisa berguling, duduk, dan akhirnya merangkak dan berjalan.

Dua belas bulan, anak Anda akan mulai membentuk kata-kata pertama mereka yang akan mengembangkan saat mereka tumbuh. Mereka akan berbicara dengan bahasanya sendiri seiring bertambahnya usia mereka maka satu demi satu kata akan terangkai dengan sempurna. Bahasa dan sosialisasi penting selama tahap ini dalam kehidupan.

Antara usia delapan belas dan dua puluh empat bulan, anak sudah berbicara dengan sangat jelas dan mereka mulai mengembangkan koordinasi dan bisa melompat tanpa jatuh. Ia juga mampu mengendalikan gerakan mereka sendiri. Anda dapat memulai toilet training anak Anda selama tahap ini.

Selama usia 25-36 bulan anak Anda akan memiliki suara yang jelas dan belajar bagaimana melakukan tugas-tugas sehari-hari untuk mengurus diri sendiri. Ini termasuk menyikat gigi mereka dan banyak lagi yang lainnya.

Pada usia tiga tahun, anak Anda telah mengembangkan kepribadian mereka, dapat mengidentifikasi pola-pola, bentuk, warna, dan ukuran, dan dapat bersosialisasi dengan baik dengan orang lain. Ada tonggak penting lainnya yang membantu untuk menyelesaikan cara mereka berpikir sehingga mereka dapat membuat keputusan sendiri. Anda dapat mendorong dan memberi kebebasan anak Anda untuk memilih pakaian mereka sendiri, sepatu, atau membuat pilihan lain untuk membantu mereka menjadi orang mereka sendiri.

Usia empat tahun adalah waktu yang serius karena pada usia 4 tahun mereka harus bersiap-siap untuk sekolah. Mereka harus mampu menghitung sampai sepuluh dan bisa menulis nama pertama mereka, tahu nama asli dari setiap orang dalam keluarga mereka, mengetahui alamat rumah dan nomor telepon.

Pada usia lima tahun, seorang anak akan siap untuk sekolah, mengetahui perbedaan kemarin, hari ini, dan besok, akan mampu mengucapkan lebih dari 13.000 kata.

Sekali lagi, penting untuk dicatat bahwa tidak setiap anak mencapai tonggak pada waktu yang tepat dan sama. Setiap anak berbeda dan harus diperlakukan seperti itu. Ada baiknya jika anda memperhatikan dan memberikan stimulasi yang tepat pada tumbuh kembang anak, maka anak diharapkan dapat tumbuh dengan baik dan normal.

author