Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk Menghisap Jempol Pada Anak

Kebiasaan menghisap jempol merupakan kebiasaan yang menyenangkan dan merupakan sumber kenikmatan sendiri bagi anak. Namun seluruh ahli kesehatan gigi tentu setuju bahwa kebiasaan ini tidak baik bagi gigi dan kesehatan rongga mulut secara umum.

American Dental Association memberikan anjuran berikut bagi orang tua untuk membantu menghentikan kebiasaan buruk anaknya ini.

1. Daripada harus memarahi anak karena suka menghisap jempol, akan lebih baik bila Anda lebih sering memuji anak ketika mereka tidak melakukan kebiasaan ini.

2. Kebiasaan menghisap jempol biasanya merupakan bentuk kompensasi anak terhadap rasa cemas yang dialaminya atau cara anak untuk memperoleh rasa nyaman. Sebagai orang tua, kita dapat mencoba mencari cara lain untuk mengatasi rasa cemas anak ataupun cara untuk membuat anak merasa nyaman dan senang, sehingga pikirannya dapat teralihkan dari kebiasaan buruk itu.

3. Minta dokter gigi Anda untuk menjelaskan kepada anak tentang akibat dari melakukan kebiasaan menghisap jari.

4. Bungkus jempol anak dengan plester luka ataupun dengan mengoleskan jempolnya dengan suatu obat khusus yang memiliki rasa tidak enak yang direkomendasikan oleh dokter anak Anda, sehingga anak dapat teringat untuk menghentikan kebiasaan buruknya.

Sumber: blogspot.com

author