Cara Menghindari Bayi Terjatuh dari Tempat Tidur

1 comment 1244 views

Posisi bayi di tempat tidur sangatlah rentah dan para orang tua tentunya harus mengetahui cara menghindari bayi terjatuh dari tempat tidur untuk menjaga bayi anda agar tidak mudah terjatuh. Karena bayi yang berusia 0-6 bulan, bisa saja terjatuh dari tempat tidurnya terutama jika bayi sudah mampu tengkurap dna aktif bergerak. Jatuh dari tempat tidur ibu, di alami bayi yang mulai bisa tengkurap dan katif bergerak. Namun karena tulang kepala bayi masih lentur sehingga cukup elastic, umumnya tidak mengakibatkan benturan yang keras pada otaknya. Dalam hal ini kami akan membagikan tips cara menghindari bayi terjatuh dari tempat tidur.

  • Perhatikan gerak bayi. Selain faktor gerak, masih ada hal lain lagi yang membuat bayi mudah terjatud dari tempat tidur yaitu faktor keseimbangan tubuh. Coba perhatikan proporsi badan bayi. Terlihat porsi kepala bayi itu lebih besar dan berat ketimbang tubuhnya, ukan? Sayangnya bayi belum bisa mengontrol gerak tubuhnya sehingga ketika bergerak ia menjadi kurang seimbang dan mudah terjatuh.
  • Kemudian salah satu cara menghindari bayi terjatuh dari tempat tidur letakkan bayi di tempat tidur dengan di beri pengganjal seperti bantal atau guling pada sisi yang berlawanan dengan tembok.
  • Letakkan bayi di dalam box bila hendak ditinggal sebentar untuk meminimalkan kemugnkinan bergulingan dan terjatuh.
  • Meletakkan kasur atau alas cukup tebal di lantai.

Selain hal-hal di atas, langkah yanag dapat anda lakukan untuk mencegah bayi terjatuh adalah selalu waspada. Karena bayi yang masih berusia dua bulan ia belum bergerak aktif. Ada baiknya saat ibu harus meninggalkan si kecil ditempat tidur sejenak, jangan biarkan bayi sendirian atau dijagai oleh anak kecil. Bayi harus dijaga oleh orang dewasa dan ibu bisa meminta tolong pada suami, kerabat atau bahkan pengasuhnya. Memang peristiwa bayi jatuh dari tempat tidur kerap terjadi, hal ini sering dialami oleh bayi yang sudah bisa bergerak seperti pada bayi berusia 4-5 atau bayi yang berusia 8-9 bulan. Jadi untuk meminimalisir bayi terjatuh di atas merupakan cara menghindari bayi terjatuh dari tempat tidur yang dapat anda terapkan dirumah anda demi menjaga keamanan bayi anda.

author