Cara Mengobati Susah Buang Air Besar pada Bayi

No comment 523 views

Mengobati susah buang air besar pada bayi itu tidaklah sulit dan ini biasanya normal terjadi. Kendati demikian, banyak orang tua yang merasa amat khawatir dengan keadaan ini. Pada waktu bayi mengalami kesulitan untuk buang air besar, maka ia akan mengedan hingga kesulitan dan bahkan bisa menangis. Apa saja penyebab bayi susah buang air besar? Di bawah ini ada jawabannya untuk anda.

Cairan yang tidak cukup. Ketika bayi anda tidak mendapatkan cukup cairan dalam bentuk ASI, maka ia bisa mendapatkan sembelit. Usus besar akan mendapatkan air hanya dari tubuh sang bayi yang kemudian membuat tinja menjadi keras.

Makanan yang baru. Untuk bayi yang diberi ASI, biasanya mengalami sembelit saat makanan padat pertama kali diperkenalkan. Hal ini karena tubuhnya belum mampu beradaptasi dengan baik dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Beberapa makanan seperti keju, pisang, dan jagung berpotensi menyebabkan sembelit pada bayi anda.

Susu formula. Bayi yang mendapatkan susu formula berisiko mendapatkan sembelit lebih besar daripada bayi yang diberi ASI.

Banyak hal bisa anda lakukan dalam rangka meringankan bayi yang susah buang air besar. Misalnya, anda bisa memijat bayi menggunakan air hangat pada bagian perut. Kemudian, beragam cara di bawah ini sangat layak untuk dicoba.

Air

Meningkatkan jumlah air yang Anda tawarkan bayi Anda biasanya efektif dalam mengobati sembelit. Untuk bayi berusia lebih dari 2 bulan, berikan mereka 2 sampai 4 ons air dua kali sehari selain asupan cairan yang biasa mereka konsumsi. Jika sembelit tidak membaik, memberi mereka 2 sampai 4 ons jus buah (anggur, pir, apel, cherry atau prune) dua kali sehari.

Gula

Makanan ini bekerja dengan menarik cairan tambahan ke usus bayi untuk melunakkan tinja. Anda dapat menambahkan beberapa bentuk gula (coklat atau sirup jagung) untuk formula bayi Anda. Atau Anda dapat menawarkan dalam jumlah kecil air rebusan gula yang didinginkan.

Jus buah

Jus apel merupakan salah satu jus yang dapat sangat efektif dalam menghilangkan sembelit. Namun, tidak dianjurkan untuk bayi kurang dari 3 bulan.

Itulah beragam informasi dan cara mengobati susah buang air besar pada bayi yang bisa anda coba.

author