Cara Mengolah susu kedelai

No comment 2816 views

Susu kedelai seolah bukan lagi hal yang asing di benak kita. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman ini disukai banyak orang. Belum lagi ditambah dengan khasiat susu kedelai yang menambah popularitasnya.

Susu kedelai merupakan minuman yang menyehatkan. Akan tetapi, susu kedelai yang kita beli belum tentu menyehatkan, karena makanan yang sehat akan menjadi makanan yang tidak menyehatkan manakala diolah dengan cara yang salah dan tidak memperhatikan kehigienisan.

Untuk menjamin susu kedelai yang kita konsumsi sehat dan higienis, maka ada baiknya jika Bunda membuat sendiri minuman yang satu ini. Berikut adalah panduan membuat susu kedelai murni:

  1. Cucilah kedelai lalu rendam 10 jam atau semalaman, hingga membesar dan kulit arinya mudah dikelupas.
  2. Kelupas kulit ari pada kacang kedelai.
  3. Masukkan dalam blender kedelai dengan air kira-kira 1 : 3, jika 1 mangkuk kedelai campurkan dengan 3 mangkuk air. Blender hingga halus
  4. Saring kedelai yang telah diblender dengan kain kasa atau saringan yang lubangnya kecil.
  5. Sterilisasi dengan cara memasak susu kedelai. Saat dipanaskan adk-aduk susu agar tidak pecah.
  6. Tambahkan vanili, perasa, jahe, coklat, perisa makanan, dan sebagainya sesuai selera untuk menambah rasa serta memperbaiki aroma susu kedelai.
  7. Angkat dan Simpan dalam pendingin.

Semoga tips cara mudah membuat susu kedelai murni membantu Anda untuk tetap menyediakan makanan yang sehat dan higienis untuk keluarga.

 

author