Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Anak

No comment 679 views

Cara menjaga kebersihan tubuh anak tentu merupakan sebuah hal yang amat penting serta sudah seharusnya dilakukan secara teratur. Kebersihan tubuh merupakan perkara yang erat kaitannya dengan kesehatan anak. Melalui penjagaan kebersihan tubuh yang teratur, anak akan menemukan kesehatan yang baik pula. Dalam konteks ini, secara langsung anak juga harus didisiplinkan agar ia mampu menjaga kebersihan tubuhnya secara baik. Kami mempunyai beberapa tips menjaga kebersihan tubuh anak yang bisa anda coba di rumah.

Mandi dua kali sehari

Disiplinkan anak anda untuk mandi dua kali sehari dengan teratur dan jangan buat dia malas meskipun sangat sulit. Mandi dengan teratur dengan tidak terlalu siang atau sore tentu saja memberikan keterbiasaan kepada anak. Dengan mandi, bukan hanya badan anak saja yang lebih bersih, namun lebih dari itu karena anak akan mendapatkan keterbiasaan yang memberikan rasa disiplin di masa mendatang.

Cuci rambut anak secara sering

Rambut anak terkadang begitu buruk dan sulit menghilangkan bau yang ada. Untuk itu, jangan biarkan hal tersebut terjadi kepada anak anda, usapkan shampoo ketika mandi dan lakukan hal tersebut selama 3 kali seminggu.

Biasakan mencuci tangan

Anak-anak selalu malas mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air kecil, atau sehabis bermain seharian. Kendati demikian, anda bisa membuat mereka rajin dengan mendisiplinkannya. Biasakan anak anda sejak balita untuk mencuci tangan secara teratur agar ia tidak lagi kerepotan apabila harus membiasakan mencuci tangan hingga dewasa.

Jaga kebersihan kuku dan telinga

Kuku dan telinga merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua manapun. Anak yang notabene tidak takut bermain di tempat kotor, sudah seharusnya dijaga kebersihan kuku serta telinganya. Potong kuku anak dengan teratur dan ajarkan ia bagaimana melakukannya secara baik. Juga, bersihkan telinga anak satu minggu sekali namun jangan terlalu dalam.

Cara menjaga kebersihan tubuh seorang anak sejatinya tidaklah sulit, oleh karena itu, anda disarankan untuk melakukan semuanya mulai dari sekarang.

author