Cara Meraih Dukungan Orang Lain

No comment 380 views

Cara Meraih Dukungan Orang Lain

Bertanya
Ada banyak orang yang tidak mau bertanya kepada orang lain. Mereka berharap orang lain mengetahui dengan sendirinya persoalan mereka, kemudian ingin merebut kesempatan yang ada. Kuasai diri dan belajarlah bertanya. Bila kita tidak mau bertanya kepada orang lain, kita tidak akan pernah bisa merebut kesempatan yang muncul.

Terbuka
Bila kita mengatakan terus terang apa yang kita inginkan, kemungkinan besar kita bisa meraihnya daripada bila kita bersikap tertutup dan membiarkan diri kita dalam kebingungan.

Memberi Tahu
Orang berhak bertanya mengenai apa yang bisa mereka peroleh dari suatu hal. Lebih baik kita memberi tahu mereka lebih dahulu sebelum mereka bertanya. Dengan cara itu, mereka akan siap mendukung kita.

‘Gambar besar’
Ketidakberhasilan menyelesaikan tugas yang diberikan kepada kita akan berdampak luas, namun bila kita tidak mengatakannya kepada orang yang memberi tugas tersebut, mereka tentu tidak akan membesar-besarkannya.

Kelola ekspektasi
Bila ada sesuatu yang sulit, sebaiknya kita katakan terus terang apa adanya. Jika tidak, orang akan kecewa setelah merasakan betapa sulit tugas tersebut.

Saling bertukar keahlian
Ini lebih dari pendekatan ‘winwin’. Di sini, kita dan rekan saling membantu melakukan pekerjaan yang sama, pekerjaan yang mungkin tidak sulit untuk kita, namun sulit baginya.

Ciptakan semangat bersaing
Kita semua ingin menang dan untuk menang, kita butuh persaingan. Bagi tugas-tugas yang ada dan beri hadiah bagi siapa yang bisa menyelesaikannya paling cepat.

Kejutan menyenangkan
Hadiah kecil atau penghargaan lain menunjukkan kalau kita sungguh menghargai apa yang sudah berhasil diselesaikan. Berilah hadiah spontan sesuai kata hati, juga hadiah-hadiah formal sesuai aturan kelembagaan yang berlaku.

Belajar senang membantu
Bila kita dikenal karena keikhlasan memberikan waktu dan keahlian kepada orang lain, kita akan memetik buahnya di kemudian hari. Orang akan selalu siap membantu saat kita butuh bantuan.

Berterima kasih
Poin ini diletakkan terakhir agar kita tidak perlu diingatkan lagi. Kadang kita lupa mengucapkan terima kasih. Usahakan supaya hal ini tidak terjadi.

author