Cara Merangsang Perkembangan Anak Usia 6 Bulan

No comment 2964 views

Perkembangan anak usia 6 bulan sebenarnya bisa dirangsang dan sangat dipengaruhi oleh hal tersebut. Apabila orang tua tidak memberikan rangsangan secara signifikan kepada anak, maka anak belum tentu mampu berkembang dengan optimal. Diperlukan sebuah bantuan khusus yang bisa orang tua lakukan setiap harinya untuk membuat anak menjadi lebih aktif dalam bergerak, dan mengalami peningkatan terhadap perkembangannya. Berikut ini, ada beberapa rangsangan yang bisa dilakukan untuk membuat anak mampu berkembang lebih baik.

Merangsang anak untuk berguling

Untuk membuat anak anda mampu bergerak dengan baik, maka beberapa hal harus dilakukan. Salah satu cara yang digunakan adalah membuat anak untuk berguling. Anda bisa menempatkan beberapa mainan atau salah satu mainan favoritnya yang mempunyai jangkauan jauh darinya. Tentu saja, setelah hal tersebut dilakukan, anak akan berusaha meraih mainan tersebut dengan cara apapun, misalkan ia berguling, atau sedikit merayap untuk menggapai mainan favoritnya tersebut.

Rangsang aktivitas duduk anak

Selain memberikan rangsangan pada perkembangan anak usia 6 bulan dengan cara berguling, anda juga bisa merangsang perkembangan anak dengan cara duduk. Mungkin anak anda belum mempunyai kekuatan punggung dan tulang yang cukup dalam hal ini. Namun, anda bisa membantunya dengan cara memangku. Pangkulah anak kemudian pegang mainan dan jauh dekatkan mainan tersebut kepada anak. dengan cara itu, maka anak akan terangsang untuk melakukan aktivitas sembari duduk dengan cara berusaha meraih mainan.

Setelah anak terbiasa, maka silakan anda berikan mainan tersebut kepadanya dan buatlah anak terus bermain sembari mengurangi bantuan yang anda lakukan selama ini. Setelah anak terbiasa duduk, silakan membuatnya berdiri sembari tetap memangku anak. sanggalah bagian bawah bahu anak kemudian berdirikan ia di pangkuan anda.

Mengayun-ayunkan anak

Pegang bagian bawah lengan anak dan kemudian ayunkan ke atas serta ke bawah dengan cara perlahan-lahan. Anak akan merasa begitu gembira dengan tersenyum serta tertawa. Namun, tentu saja anda harus berhati-hati dalam melakukan rangsangan perkembangan bayi usia 6 bulan ini.

author