Cara merawat rambut bayi

No comment 768 views

Bayi di lahirkan dengan berbagai macam kondis rambut di kepala, ada yang sudah dan juga ada yang belum memiliki rambut. Orangtua pada umumnya tentu saja menginginkan anak mereka memiliki rambut yang tebal saat di lahirkan. Tapi orangtua tidak perlu khawatir apabila melahirkan bayi yang rambutnya tipis atau bahkan tidak memiliki rambut. Karena warna dan tebal/tipisnya rambut bayi itu di tentukan dari faktor genetik.

Meskipun pengaruh faktor genetik pada tebal/tipisnya rambut bayi, sebaiknya ibu yang sedang hamil tetap memberikan nutrisi yang di perlukan untuk kesehatan dan keindahan rambut bayi. Ketika hamil sang ibi di sarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar,juga sumber vitamin E.

Setelah bayi di lahirkan, orangtua juga harus memberikan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan rambutnya. Karena rambut juga butuh “makanan” setiap harinya. Hal ini pun harus tetap di imbangi dengan kesehatan kulit kepala bayi dan perawatan yang baik agar rambut bayi selalu sehat.

Berikut ini adalah beberapa hal  yang perlu di perhatikan orangtua dalam merawat rambut bayi :

  1. Perawatan untuk kulit kepala dan rambut bayi yang baru di lahirkan sangat sederhana. Jika bayi tidak memiliki rambut ketika di lahirkan, maka shampo bayi tidaklah di perlukan. Hal yang perlu di lakukan adalah cuci kepala bayi dengan sabun lembut yang di gunakan untuk mandi.
  2. Ketika bayi memasuki usia 3 bulan keatas, orangtua bisa menggunakan shampo khusus bayi yang tidak pedih di mata.
  3. Apabila rambut bayi terlihat kusut sebelum di cuci, sebaiknya di sisir dahulu dengan sisir yang bergigi jarang yang lembut sampai kusutnya hilang. Karena jika di biarkan kusut akan menyebabkan bayi kesakitan saat di keramas dan akan membuat parah kusut di rambutnya.
  4. Rambut bayi tidak perlu dicuci/keramas detiap hari, cukup dua atau tiga kali dalam seminggu.Hal ini di karenakan rambut bayi tidak terlalu cepat kotor. Mencuci rambut bayi setiap hari akan mengakibatkan kulit kepalanya kering dan menimbulkan masalah pada rambutnya.
  5. Keramaslah dengan lembut sambil memijat kepalanya dengan lembut.
  6. Ketika bayi masih kecil, bayi tidak memerluka kondisioner apapun. Tetapi ketika bayi beranjak lebih besar dan rambutnya semakin lebatanda bisa mulai menggunakan kondisioner yang lembut jika di perlukan.
  7. Lap rambut bayi sampai cukup kering, kemudian sisir dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang dengan lembut. Jangan biarkan rambut bayi kusut.
  8. Potong rambut bayi secara teratur.
author