Cara Merawat Rambut Bayi

No comment 969 views

Rambut pada bayi lebih tipis dan sensitif dibandingkan rambut orang dewasa. Rambut pada bayi yang baru lahir ada yang lebat, ada yang tipis, dan bahkan ada yang botak,untuk itu sebaiknya dilakukan perawatan agar rambut mereka tetap bersih dan terpelihara. Kalau kata orang sunda kepala bayi suka leuleugeuteun/berkerak, untuk mencegah berkerak lakukan perawatan pada rambut dan kulit kepala bayi.

Cara merawat rambut bayi dengan baik dan benar adalah:

  1. Untuk bayi yang baru lahir , rambutnya dibersihkan dengan air hangat, kalau perlu menggunakan shampo bayi sambil diusap lembut dengan tangan dan waslap khusus untuk kepala. Lakukan dengan hati-hati dan jangan menekan terlalu keras karena kepala bayi belum terbentuk secara sempurna sehingga masih terasa lembek.
  2. Lakukan kegiatan merawat rambut bayi seminggu 2-3 kali, dan lakukan sambil mengajak si buah hati berkomunikasi.
  3. Jika rambut bayi tipis, bunda bisa mencukur rambut bayi, agar pertumbuhan rambut lebih baik. Untuk mencukur rambut bayi biasanya dilakukan 30 atau 40 hari setelah kelahiran.
  4. Lakukan perawatan sedini mungkin, bisa lewat makanan ibu yang bergizi agar air susu ibu yang diberikan pada bayi bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.
  5. 1 minggu sekali, 1 iam sebelum keramas bunda dapat mengoleskan minyak kemiri yang bisa bunda buat sendiri dengan cara, kemiri di sangrai terlebih dahulu lalu tumbuk dan peras, ambil minyaknya lalu oleskan pada bayi atau bunda bisa mengoleskan lidah buaya pada rambut atau kulit kepala bayi. Sebaiknya berikan bahan bahan alami pada rambut bayi .

 

author