Cara Mudah Menjaga Kualitas dan Kuantitas ASI Eksklusif

ASI eksklusif merupakan nutrisi pertama dan utama bagi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Pada rentan usia ini, normalnya bayi disarankan hanya mengkonsumsi ASI sebagai pemenuh seluruh kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Nutrisi ini lah yang kemudian akan sangat berpengaruh bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi dari tahap ke tahap. Untuk itu kualitas dan kuantitas ASI eksklusif seorang ibu haruslah cukup baik.

Nah oleh sebab itu, ibu menyusui harus punya kiat – kiat jitu untuk menjaga kelancaran ASI agar seluruh kebutuhan si kecil dapat terpenuhi. Bagi Anda ibu muda yang belum begitu pengalaman dengan masalah ini, berikut beberapa hal yang mungkin akan sangat bermanfaat.

asi

Tips Menjaga Kuantitas dan Kualitas ASI

  • Pilih asupan yang tepat

Kualitas dan kuantitas ASI eksklusif Anda akan sangat ditentukan oleh jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang bergizi cukup dengan porsi seimbang akan sangat membantu produksi ASI eksklusif Anda. Makanan dari jenis sayuran hijau dan kacangan – kacangan dipercaya mampu meningkatkan jumlah dan kualitas ASI yang diproduksi.

  • Hindari stress

Stress berlebih ketika masa menyusui secara tidak langsung dapat menghampat Anda memberikan asupan ASI eksklusif yang baik bagi si kecil. Rilekskan diri Anda dan yakinlah bahwa Anda mampu memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan bayi Anda. Perlu Anda ketahui apa yang Anda fikirkan akan sangat berpengaruh pada kelancaran proses menyusui Anda.

author