Cara Pintar Memilih Pembalut

No comment 2438 views

Bagi perempuan pembalut merupakan sebuah perangkat yang digunakan di saat menstruasi yang berfungsi untuk menyerap darah dari vagina supaya tidak menetes ke mana-mana. Namun tahukah Anda bahwa pembalut yang anda pakai sekarang ini bisa berpotensi menimbulkan masalah kewanitaan yang sangat kompleks untuk itu diperlukan cara pintar dalam memilih pembalut. Lalu Bagaimana memilih pembalut yang aman bagi kesehatan organ reproduksi kaum perempuan?

1. Pilihlah pembalut yang berdaya serap tinggi

2. Pilihlah pembalut yang tidak lembab pada permukaannya ketika dipakai
Darah haid keluar lebih banyak pada hari-hari pertama sehingga apabila pembalut kita teasalembab ketika dipakai maka jamur dan bakteri akan tumbuh subur. Termasuk rasa gatal pun bisa timbul. Rasa gatal yang berlebihan membuat orang tak tahan ingin menggaruknya. Sedangkan bila digaruk, permukaan kulit akan lecet, terbuka, dan meradang.

3. Pembalut pun harus nyaman dipakai, agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, pilihlah pembalut tipis dengan daya serap yang yang diandalkan

4. Pilihlah pembalut yang tidak mempunyai aroma tertentu. Wangi-wangian pada pembalut justru mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan gatal dan iritasi pada permukaan kulit

5. Saat membeli pembalut, pastikan kemasan barang yang kita beli dalam keadaan baik dan tertutup rapat dan ada exp datenya.

6. Pilihlah pembalut dari bahan sangat lembut dan lentur. Ini akan mengurangi faktor iritasi pada daerah kulit vagina.

7. Pastikan pembalut yang kita pilih bukan terbuat dari kertas daur ulang (pulp)
Untuk memastikan terbuat dari apakah pembalut kita, cukup dengan merobek pembalut yang kita pkai dan diambil bag dalamnya, masukkan kedelam segelas air, aduk sebentar. Apabila bag pembalut yang kita masukkan tersebut hancur dan airnya berubah menjadi keruh maka hal itu berarti pembalut kita terbuat dari pulp yang sangat berbahaya karena mengandung zat kimia berbahaya dan dapat mengakibatkan berbagai peradangan hingga kanker serviks.

Sumber : duniaq-duniamu.com

author