Cara Sederhana Menekan Pengeluaran

No comment 546 views

Cara Sederhana Menekan Pengeluaran

1.    Selalu mengecek debet tabungan
Sudahkah kita benar-benar tahu berapa sisa uang di rekening bank setiap bulan? Hal-hal yang menyedot tabungan kita tanpa disadari selama bertahun-tahun adalah premium asuransi untuk polis-polis yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan abudemen sebagai pelanggan organisasi-organisasi tertentu yang sudah tidak perlu lagi dikeluarkan.

2.    Konsolidasi utang
Hipotik lebih murah dibandingkan utang kartu kredit. Penasihat keuangan indepenen bisa membantu kita menekan pengeluaran dengan mengkonsolidasikan semua utang kita dengan hipotik. Usahakan selalu minta pertimbangan terlebih dahulu sebelum membuat tindakan tertentu.

3.    Koleksi koin
Uang-uang kembali yang berupa recehan sering hilang begitu saja. Biasakan diri selalu merogohi saku-saku, atau dompet, siapa tahu ada uang recehan. Kumpulkan dalam satu kendi.

4.    Beli borongan
Meskipun jumlah barang belanjaan di supermarket menunjukkan jumlah yang lebih, kita harus tetap berusaha menekan sikap boros sesampainya di rumah, karena biasanya orang tetap boros meskipun stok melimpah.

5.    Berbagi dengan tetangga
Mengapa harus membeli alat pemotong baru bila kita bisa meminjamnya di tetangga? Kita juga perlu meminjamkan bor listrik kepada tetangga yang membutuhkan. Pertimbangkan perlu tidaknya membuat tempat pengumpulan alat-alat di lingkungan tempat tinggal kita.

6.    Tinggalkan kartu kredit di rumah
Mungkin ini agak kasar, tapi bila kita orang yang gatal belanja, cara ini akan menghentikan kebiasaan boros. Bila sesuatu memang sangat dibutuhkan, kita bisa datang kembali untuk membelinya.

7.    Beri uang saku
Memberi anak-anak uang saku setiap minggu akan mendorong mereka berbelanja sendiri. Bila mereka kehabisan uang saku di pertengahan minggu, mereka terpaksa harus belajar lebih hemat dan tidak minta jatah tambahan.

8.    Berbaik hati kepada orang tua
Ketika orang tua semakin renta, mereka suka menggunakan sisa uang mereka untuk kebutuhan cucu-cucu.

9.    Bawa botol minuman
Pernahkah kita menghitung jumlah uang yang kita gunakan di warung kopi? Lain hal kalau tempat-tempat tersebut sebagai bagian dari rutinitas kerja, atau sosial kita. Akan menghemat banyak bila kita membawa sebotol teh atau kopi dari rumah.

10.    Beli barang-barang bekas
Belilah barang-barang yang bisa ditawar yang ada di toko-toko semacam koperasi dan di website-website barang lelang. Hampir semua barang yang kita butuhkan bisa dibeli di toko-toko barang bekas. Coba survei keliling untuk mencarinya.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author