Cara sehat memandikan bayi

No comment 705 views

Kulit adalah organ tubuh paling luar yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus sebagai indra peraba. Kulit sebagai bagian terluar tubuh rentan terkena debu, kuman, dan kotoran. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga kesehatan kulit, maka kulit perludibersihkan.

Salagh satu cara menjaga kulit agar tetap bersih adalah dengan mandi teratur. Sebagai pembersih saat mandi, pada umumnya akan menggunakan sabun. Ada berbagai macam jenis sabun, lalu apakah cara mandi dan sabun orang dewasa sama dengan bayi? Secara struktur kulit orang dewasa dan bayi berbeda, walaupun keduanya berfungsi sebagai perlindungan. Kulit bayi juga lebih halus dan lembut serta masih dilindungi secara maksimal oleh sistim imunitas tubuh. Kulit yang masih lembut itu juga mudah terkena iritasi.

merawat

Lantas bagaimana cara memandikan bayi agar bayi tetap sehat dan tidak teriritasi? Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan cara memandikan bayi seperti berikut:

  1. Mandi sebaknya dilakukan dua kali sehari dengan durasi tidak lebih dar lima menit. Usahakan suhu ruangan lebih dari 25 derajad dan suhu air 37 derajad, agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.
  2. Gunakan sabun bayi yang sesuai dengan PH netral kulit yaitu 5,5 dengan kandungan parfum dan pewarna seminimal mungkin. Selain itu, hindari sabun antiseptik, (fenol, kresol), deodoran (triklosan, heksaklorofen) maupun sabun yang mengandung detergen seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi maupun sodium laureth sulphate (SLES) yang beracun bila terserap kulit si kecil.
  3. Sabun umumnya mengandung surfaktan. Untuk bayi, pilihlah surfaktan yang aman seperti cocamidopropyl betaine atau natrium lauril propinat.

Agar bayi tetap terjaga kelembutan kulitnya memang butuh perhatian khusus. Bunda harus jeli dan teliti memilih sabun dan bahan-bahan perawatan kulit bayi lainnya. Selain kulit, masih banyak lagi kebutuhan perawatan bayi.

 

author