Cara Tepat Mendidik Anak 2 Tahun dalam Menjauhi Hal Negatif

Memiliki anak yang sedang tumbuh memasuki usia 2 tahun tentu merupakan hal yang membahagiakan, karena anak diusia – usia ini umumnya lucu dan menggemaskan. Namun pada tahap ini pula seorang anak harus benar – benar diperhatikan karena anak tengah memasuki usia perkembangan emas. Anak akan mudah mengingat dan meniru apapun yang ia lihat dan temui pada lingkungan disekitarnya, entah itu baik atau buruk.

Oleh sebab itu penting bagi ibu memliki pengetahuan dan kemampuan yang baik untuk mendidik anak usia dua tahun. pada masa pertumbuhan ini hendaknya ibu sepandai mungkin mengarahkan dan mengajarkan anak untuk berbuat suatu hal yang baik yang dapat membentuk karakter yang luhur. Selain itu, disisi lain ibu juga harus memberikan pengajaran mengenai hal – hal yang dilarang dan mencegah anak untuk melakukannya.

melarang

Akan tetapi dalam melakukan hal tersebut tentunya ibu membutuhkan sebuah cara yang tepat sehingga anak dapat dengan mudah memahaminya. Cara yang tepat juga dapat menghindarkan anak mengalami trauma akibat pelarangan yang dilakukan oleh sang ibu. Lantas bagaimana caranya?

Tips mendidik anak melalui pelarangan terhadap hal – hal negatif

  • Beri pemahaman kepada anak

Dalam hal ini usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan kata “jangan” dan “tidak” dalam melarang anak melakukan sesuatu, biasakan untuk menasehati anak secara sabar dan perlahan dengan kata – kata lembut dan menarik.

  • Jangan biasakan melarang dengan member imbalan

Tidak jarang seorang ibu dalam mendidik anaknya untuk menjauhi sesuatu dengan iming – iming hadiah, misalnya “kalau adik gak nonton TV terlalu dekat nanti ibu kasih permen”.  Cara seperti ini sebenarnya tidak dibenarkan karena dapat membentuk pribadi anak yang hanya akan menurut jika diberi imbalan.

  • Berikan contoh sebab akibat

Hal ini dapat dilakukan melalui sebuah dongeng atau cerita. Misalnya ketika ibu hendak mengajarkan anak mengenai larangan makan sambil tidur, ibu dapat bercerita tentang akibat anak yang sering makan sambil tidur. Dengan mengkomunikasikannya lewat sebuah dongeng atau cerita tentu anak akan lebih tertarik dan mudah ingat tentang apa yang diajarkan.

author