Cara Terbaik Menangani Anak Nakal

No comment 731 views

Banyak orang tua yang sering mengeluh tentang anaknya yang nakal, padahal kenakalan yang dilakukan oleh seorang anak sebenarnya normal normal saja karena mereka sedang mengalami fase perekembangan. Banyak sekali faktor penyebab anak menjadi nakal diantaranya seperti di bawah ini :

1.Orang tua kurang perhatian kepada anaknya
2.Orang tua terlalu atau berlebihan dalam menangani anaknya sehingga anak menjadi manja.
3.Orang tua tidak memberikan contoh yang benar kepada anak-anaknya.
4.Lingkungan yang buruk
5.Tejadi kesalahan dalam cara mendidik, seperti saat orang tua memukul anaknya.

Dan cara untuk menangani anak nakal adalah :

1.Ketahui terlebih dahulu penyebab utama anak menjadi nakal, karena hal daapt membantu anda dalam menangani anak anda sendiri.
2.Orang tua harus lebih memperhatikan anaknya, bersikap baiklah dan tanya kepada anak anda apa yang menyebabkan dia menjadi seperti itu.
3.Saat anak melakukan kesalahan jagan langsung memukul atau memarahinya, namun hal pertama yang harus anda lakukan adalah menanyainya dengan baik, dan mengatakan padanya untuk tidak mengulangi hal tersebut.
4.Berilah perhatian kepada anak, namun dalam batas wajar jangan sampai berlebihan karena bila anak diberikan perhatian yang berlebih mereka dapat menjadi manja.
5.Sangsi atau hukuman juga diperlukan bila mereka tidak mendengarkan perkataan anda. Namun jangan memberikan hukuman fisik karena bisa saja anak anda menganggap anda adalah orang tua yang jahat.

author