Cara Terbaik Mengajarkan Anak Berdoa

No comment 929 views

Berdoa merupakan suatu aktivitas ibadah yang langsung menghadapkan seorang hamba kepadatuhannya. Nah untuk itu ketika berdoa tentu tidak boleh sebarangan, ada tata car yang harus diperhatikan. Oleh sebab itu yuk ajari si kecil bagaimana cara berdoa yang benar.

Dengan mengajarkan cara berdoa pada anak sejak dini, akan membiasakan ia selalu berdoa dengan cara yang semestinya. Namun bagaimana caranya? Berikut panduan cara terbaik mengajarkan si kecil berdoa dengan benar:

puasa

  • Mulailah mengajarkan anak berdoa dengan mengajarkan terlebih dulu sikap atau posisi tubuh Anda ketika berdoa.
  • Ajarkan anak doa – doa singkat yang mudah diingat dan berhubungan dengan kesehariannya. Misalnya saja doa sebelum makan, doa sebelum tidur, doa keluar rumah, doa sebelum belajar, dan doa yang lainnya.
  • Jika anak masih kesulitan menghafal doanya, ajak ia menirukan doa yang Anda ucapkan. Tuntun ia secara sabar dan dengan penuh kasih sayang.
  • Memberikan sakali dua kali pujian ketika anak berdoa merupakan hal yang penting. Pujian akan menjadi motivasi tersendiri bagi anak.
  • Berikan pemahaman kepada anak bahwa berdoa bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan dalam suasana apapun.
  • Ajarkan pula bahwa berdoa tidak harus selalu untuk diri sendiri, tetapi berdoa juga bisa untuk orang lain.

Nah dengan panduan di atas, buatlah kegiatan mengajari anak cara berdoa menjadi lebih menyenangkan dan bersahabat bagi anak. Selamat mencoba.

author