Cegah Penyakit Jantung Anak dengan Olahraga dan Pola Makan sehat

Menjaga kesehatan jantung anak tentu harus dilakukan sedini mungkin. Untuk melakukannya ada banyak cara mudah dan menyenangkan yang dapat anda ajarkan kepadanya, diantaranya adalah dengan rajin berolah raga serta melakukan pola makan yang baik.

Berolahraga tentu tidak harus yang berat – berat. Cukup dengan berlari – lari kecil atau sekadar berjalan santai selama beberapa menit di pagi hari pun sudah cukup bagus. Mengapa berolah raga baik untuk kesehatan jantung? Pasalnya berolahraga secara rutin akan sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada tubuh anak. Dengan demikian akan menjauhkan anak dari masalah hipertensi yang merupakan gerbang awal masalah kesehatan jantung.

jus buah

Sementara itu untuk urusan pola makan anak, usahakan selalu memberikan makan yang sehat kepada anak. Hindari memberikan makan yang berkolestrol tinggi seperti es krim dan junk food. Sebagaimana kita ketahui penyebab utama masalah penyakit jantung adalah kadar kolestrol yang terlalu tinggi sehingga menyumbat aliran darah dari dan kejantung. Akibatnya tekanan aliran darah menjadi naik atau yang disebut dengan hipertensi. Untuk itu selalu berikan asupan makanan yang rendah lemak dan kolestrol, seperti misalnya beras merah, gandum, oat meal, buah, dan sayur.

Selain makanan, jenis minuman yang anda berikan kepada anak hendaknya juga tidak sebarangan. Hindari memberikan jenis minuman yang memiliki kadar gula tinggi, seperti minuman rasa – rasa dan minuman bersoda. Akan lebih baik jika anda membiasakan anak menimun jus buah dan sayur yang anda buat sendiri. Minuman isi selain lebih segar juga tentunya lebih menyehatkan karena kaya akan serat, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatnnya.

author