Cemilan Sehat Bagi Ibu Hamil

No comment 504 views

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil terkadang membuat nafsu makan kerap berubah-ubah. Ada saatnya ingin melahap makanan apa saja karena merasa lapar terus, namun di sisi lain nafsu makan menghilang. Untuk mengatasinya, ada solusi mudah yang dapat dilakukan yaitu mengemil di setiap waktu. Hanya saja, sangat perlu diperhatikan jenis cemilan yang dikonsumsi agar nutrisi yang dibutuhkan tidak berkurang.

Cemilan sehat bagi ibu hamil sangat direkomendasikan untuk memilih yang tepat dan bernutrisi. Jangan sembarangan makan seperti gorengan, cake atau coklat yang memang mengenyangkan namun nutrisinya bisa dikatakan tidak ada. Adalah cemilan kaya protein sangat bermanfaat bagi tubuh karena membangun segala jenis sel terutama saat ibu hamil merasa lelah atau mual. Sementara, cemilan yang kaya serat akan meredakan masalah sulitnya buang air besar yang kerap terjadi pada ibu yang sedang mengandung.

cemilan sehat bagi ibu hamilBerikut beberapa jenis cemilan sehat bagi ibu hamil yang dapat dikonsumsi seperti :

Telur Rebus

Tidak banyak ibu hamil yang menggunakan telur rebus sebagai cemilan. Namun, kandungan proteinnya yang begitu tinggi tidak bisa diabaikan begitu saja. Selain itu, proses pembuatannya sangat mudah, begitu juga saat menyimpannya.

Popcorn

Namun tidak sembarang popcorn yang dapat dikonsumsi karena cemilan ini tidak akan menjadi sehat jika sudah diberi mentega secara berlebihan. Popcorn termasuk cemilan yang disarankan karena terbuat dari jagung namun hendaknya ganti dnegan keju parut yang ditabur diatas popcorn panas.

Kacang-kacangan

Jenis kacang apapun seperti mete, almond hingga kenari kaya akan protein. Ibu hamil bisa mencampurnya dengan buah kering atau dimakan begitu saja. Jika ingin menyimpannya, gunakan kemasan yang aman untuk digunakan.

Buah-Buahan

Kandungan mineral dan vitamin dari buah-buahan memberikan manfaat yang begitu besar bagi ibu hamil. Apel, pisang, kiwi hingga jeruk dapat disiapkan dan disimpan dalam lemari es.

Nah, dengan memahami jenis cemilan yang dapat dikonsumsi, maka sebaiknya ibu hamil lebih cermat dalam memilih. Pastikan, cemilan sehat bagi ibu hamil selalu tersedia dan siap untuk disantap.

author