Cerita Anak Muslim Tentang Sedekah

No comment 1217 views

Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi Allah dan Rasulnya. Ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan sedekah. Ada banyak pula hadits yang meriwayatkan penting dan manfaat sedekah bagi yang membutuhkannya. Bahkan ada salah satu hadits yang mengatakan bahwa sedekah dapat memanjangkan umur. Benar memang sedekah memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah salah satu cerita tentang manfaat sedekah. Cerita Anak Muslim ini diambil dari jaman nabi Ibrahim.

Cerita ANak Muslim Tentang Sedekah

Ilustrasi Sedekah

Suatu hari, Nabi Ibrahim AS mendapatkan tamu, dia adalah seorang murid beliau yang menceritakan bahwa keesokan harinya murid tersebut akan menikah. Namun setelah berbincang-bincang dan murid Nabi Ibrahim pulang, tak lama kemudian Malaikat Maut mendatangi Nabi Ibrahim dan menanyakan siapa tamu yang tadi. Nabi Ibrahim menjawab dia muridku, dan besok dia akan menikah. Namun Malaikat Maut menyampaikan bahwa anak muda tadi tidak akan hidup hingga keesokan harinya.

Setelah keesokan harinya, Nabi Ibrahim pagi-pagi pergi kerumah muridnya tersebut. Alangkah terkejutnya Nabi Ibrahim, karena masih melihat muridnya hidup dan melangsungkan pernikahan dengan lancar. Seiring berjalannya waktu, murid Nabi Ibrahim tersebut meninggal pada usia 70 tahun, padahal sebelumnya diberitahukan akan meninggal pada saat sebelum menikah.

Hal tersebutlah yang membuat Nabi Ibrahim penasaran, dan akhirnya bertanya kepada Malaikat. “Apa gerangan yang membuat Allah SWT menahan tanganmu untuk tidak mencabut nyawa pemuda itu?”. Malaikatpun menjawab “”Wahai Ibrahim, di malam menjelang pernikahannya, anak muda tersebut menyedekahkan separuh dari kekayaannya. Dan ini yang membuat Alloh memutuskan untuk memanjangkan umur anak muda tersebut hingga engkau masih melihatnya hidup hingga sekarang.”

Akhirnya terjawab sudah rasa penasaran Nabi Ibrahim terhadap pemuda itu, mengapa hidup hingga umur 70 tahun. Kematian memang ditangan Allah, namun Allah juga memiliki hak untuk memajukan ataupun mengundurkan kematian umatnya.

Nah, semoga saja cerita anak muslim  ini menginspirasi Anda dan anak Anda untuk berlomba-lomba sedekah yah. Karena ada banyak sekali manfaat sedekah yang bisa kita ambil.

author