Ciri-Ciri Anak Manja

No comment 5103 views

Anak manja biasanya selalu menuntut perhatian lebih dan menuntut agar segala kebutuhan/keinginannya terpenuhi. Bila dalam kelompok teman sebaya anak selalu ingin diperhatikan karena di rumah terbiasa diperhatikan orang tuanya.Kemanjaan dalam banyak kasus muncul akibat perhatian dan kasih sayang orangtua yang berlebihan. Bahkan, kasih sayang yang diberikan kepada anak seringkali mengalahkan kasih sayang dan cinta kepada suami atau istri. Dalam hal ini biasanya ibu cenderung memanjakan anaknya ketimbang suaminya.

Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, anak yang terlalu dimanja cenderung akan mempunyai masalah di sepanjang hidupnyakarena ia akan mengalami hambatan penyesuaian diri dalam pergaulan dan kelak akan sulit bekerja sama dengan orang lain. Selain itu memanjakan anak akan berdampak pada pertumbuhan karakter anak yang selalu berusaha merebut kasihsayang orang tua dan cenderung “menaklukan” kedua orang tuanya untuk memenuhi segala keinginannya. Karena faktor inilah dalam diri anak selalutumbuh perasaan canggung ketika bergaul dengan orang lain, karena segala keinginan anak biasa terpenuhi. Ia merasa bahwa seluruh orang tua di dunia inidiciptakan hanya untuk melayani dan membahagiakan dirinya.Di samping itu anak manja juga akan menemui kegagalan dalam menatake hidupan rumah tangga kelak. Anak manja terbiasa menggantungkan diri pada keluarganya tanpa berupaya dengan inisiatif sendiri. Ia terbiasa menerima, tetapi tidak terbiasa memberi. Oleh karena itu anak manja biasanya akan tumbuh menjadi sosok egois dan peminta-minta tanpa upaya sendiri dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Akibatnya, anak manja tumbuh sebagai sosok egois, selalu bimbang, berkepribadian lemah dan tidak mampu menentukan pilihannya sendiri.Karena itulah sangat penting untuk mengatasi kemanjaan anak sedini mungkin agar anak dapat mengerti serta memahami arti tanggung jawab dan akhirnya bisa menjadi pribadi yang mandiri dan tidak terlalu bergantung kepada orangtuanya.

Berikut ini ciri ciri anak manja :

  • Terlalu sering mencari perhatian, kasih sayang, dan bantuan dari orang lain.
  • Meminta untuk dibantu meskipun sebenarnya bisa melakukan sendiri atau meminta orang lain melakukan sesuatu hal yang sesungguhnya bisa dilakukannya sendiri.
  • Suka merengek, menangis untuk memperoleh yang diinginkan.
  • Malas untuk memulai mengambil tindakan (malas berinisiatif) dalam usaha memperoleh apa yang diinginkan, dan hanya menunggu bantuan dari orang dewasa.
  • Enggan untuk ditinggalkan oleh orang dewasa, selalu ingin berada dekat dengan orang dewasa, ingin dilihat, diajak bicara, atau menginginkan agar orang dewasa itu melihat apa-apa yang dibuatnya.

Sebagai orang tua sebaiknya anda jangan bersikap berlebihan terhadap anak sebab anak malah menjadi manja. Artikel di atas semoga bermanfaat untuk anda semua.

author