Ciri-ciri tahapan bicara anak pada usia 12 bulan hingga 5 tahun

Berikut adalah kelanjutan dari tahap-tahap bicara anak sesuai dengan umurnya:

Usia 12-18 bulan

Pada usia ini anak mulai dapat mengucapkan 3-6 kata dengan arti. Anak juga sudah dapat berekspresi menangguk dan bergeleng serta mengikuti perintah. Pada usia 18 bulan, anak sudah dapat mengucapkan hingga 50 kata yang berarti. Yang perlu diwaspadai adalah jika belum ada kata-kata berarti hingga usia 16 bulan.

Usia 18-24 bulan

Perkembangan bicara anak sangat pesat. Hampir setiap hari perbendaharaan katanya meningkat. Ia mulai dapat merangkai dua kata menjadi bermakna seperti “mama makan”. Ia juga dapat menjalankan perintah-perintah sederhana, seperti “maju satu langkah”. Pada masa ini anak suka mendengarkan cerita. Yang perlu diwaspadai pada tahap ini adalah jika hingga usia 24 bulan masih belum ada kalimat yang dapat dimengerti.

Usia 2-3 tahun

Anak mulai dapat membuat kalima dari 3 kata atau lebih, mengenal warna serta mengenali fungsi-fungsi benda yang ada di sekitarnya. Pada masa ini anak juga gemar bernyanyi.

Usia 3-5 tahun

Anak sudah mulai lancar bicara dan mampu membuat kalimat dengan lebih dari 4 huruf. Ia juga da[at menyebutkan nama, jenis kelamin, serta identitas yang mereka ketahui tentang dirinya. Ia juga sudah dapat menceritakan kejadian yang terjadi pada dirinya dengan lancar.

cara menegur

Jika anak belum melewati fase-fase perkembangan bicara ini padahal usianya sudah melampaui, maka Bunda harus waspada karena ada hal-halyang menyebabkan anak lambat bicara.

 

author