Contoh Arti Nama Bayi Sansekerta

No comment 767 views

Ada orang berkata “Apalah arti sebuah nama?”, sehingga menganggap nama itu tidak terlalu penting. Sehingga banyak orang tua yang menamai anaknya “Peyek”, “Otong”, “Runtah” (bahasa jawa, artinya sampah) dan nama lainnya yang kurang etis. Masa anak sendiri namanya sampah? Selain memalukan, itu juga bisa menjadi tekanan batin bagi si anak sendiri ketika sudah besar nanti. Ingat, nama yang baik akan memberi pengaruh yang baik bagi kehidupan setiap manusia.

Apalah Arti Sebuah Nama

Apalah Arti Sebuah Nama

Setiap orang punya nama, sehingga nama itu penting sekali. Hati-hati jika anda salah memilih nama yang baik untuk anda, sehingga menimbulkan efek yang buruk bagi kehidupannya kelak. Semua agama mengajarkan untuk memberi nama anak dengan nama yang baik-baik. Bisa diadopsi dari tokoh-tokoh dunia, dari bahasa arab, dan juga dari bahasa sansekerta.

Bahasa sansekerta sendiri secara harfiah biasa diartikan sebagai “Bahasa yang Sempurna”, sedangkan arti menurut sifat sebagai “berbudaya”. Indo Arya dan Indo-Eropa menjadi tempat masuknya bahasa sansekerta ini. Bahasa ini tidak kuno, karena telah digunakan dibanyak negara bagian di India, bahkan telah masuk ke Bahasa Klasik India sana. Abad ke 5 masehi menjadi saat masuknya Bahasa Sansekerta ini ke Negara Indonesia, dan mencapai puncak kejayaannya pada abad ke 7 masehi, sudah lama sekali. Sampai saat ini, Bahasa Sansekerta juga sangat mempengaruhi Bahasa Indonesia, yang juga termasuk nama-nama orang. Sebagai orang tua yang baik, anda bisa menggunakan Bahasa Sansekerta untuk menamai bayi anda. Berikut ini Contoh Nama Bayi Sansekerta

1. Asti

Memiliki makna yaitu “Permata”. Sangat cocok sekali jika anak anda berjenis kelamin perempuan. Permata yang cahayanya berkilauan.

2. Bayu

Bayu, memiliki arti yaitu “Angin atau Udara”. Biasanya nama bayi digunakan oleh anak laki-laki yang tangguh/kuat.

3. Citra

Memiliki makna yaitu “Beraneka warna”. Maksudnya, diharapkan anak anda nantinya akan memberikan banyak warna bagi kehidupan orangtuanya dan juga teman-teman disekitarnya.

4. Dewa / Dewi

Dewa memiliki arti Pangeran, Raja atau Mulia. Sedangkan Dewi sendiri memiliki arti Ratu dan Bersih. Sudah cocok sekali jika anak laki-laki anda diberi nama Dewa, dan anak perempuan anda diberi nama Dewi.

5. Gita

Berarti Nyanyian atau lagu.

6. Hari

Memiliki arti “Singa”, hewan yang terkenal sebagai raja hutan.

7. Ina

Cocok sekali untuk nama anak perempuan karena bermakna “Matahari senja”.

8. Jaya

Jaya memiliki arti yaitu “Sukses, Berhasil dan Kemenangan”.

9.  Kirana

Nama yang sedang nge-trend akhir-akhir ini, memiliki arti “Bercahaya atau memancarkan sinar”.

10. Puspita

Artinya adalah “Berbunga”, cocok untuk anak perempuan.

Nah, setelah anda mengerti Contoh Nama Bayi Sansekerta, yang mana yang akan anda pilih sebagai nama anak anda?

author