Contoh Puisi Anak Sekolah Dasar (SD)

No comment 1247 views

Puisi merupakan salah satu karya sastra indonesia, oleh karenanya sejak masih duduk di sekplah dasar (SD) kita sudah diajarkan membaca puisi. Tujuannya adalah agar kita bisa mengetahui karya satra itu luas, dan sebuah seni juga bisa berasal dari karya sastra. Sebagi contoh adalah lagu, banyak lirik – lirik lagu yang sebenarnya merupakan sebuah puisi. Karenanya kini ada yang namanya musikalisasi puisi, yaitu sebuah lagu yang setiap liriknya merupakan sebuah puisi dengan menggunakan sajak tertentu.

Kumpulan-Puisi-Anak-Sekolah-Dasar-SD-Terbaru

Namun tentunya musikalisasi puisi bukanlah pelajaran anak SD, sebab ketika masih duduk di sekolah dasar kita hanya diajari membaca sebuah puisi dan membuat puisi yang sederhana. Dan berikut ini telah kami rangkumkan contoh puisi yang temanya sering digunakan pada puisi anak SD, berikut informasi selengkapnya mengenai puisi anak SD.

Ibu Ku Tercinta

Sejak kecil kau besarkan diriku
Kau rawat aku dengan cinta dan kasih sayangmu
Besarnya kasih sayang mu telah membuatku tumbuh seperti sekarang
Tumbuh sebagai orang yang terpandang

Ibu
Sungguh ku tak tahu cara membalas kebaikan mu
Aku hanya bisa, bisa menjagamu
Menjaga dari orang – orang yang akan melukaimu

Ibu
maafkanlah bila diruku telah melukaimu
sungguh tidak ada magsudku tuk menyakiti hatimu
aku hanya berusaha, beruasaha untuk selalu membahagiakanmu

Puisi di atas biasanya sering dibacakan oleh anak SD, selain mengajarkan tentang membaca puisi juga akan mengajarkan moral yang baik pada anak. Sengaja kami pilihkan tema puisi “IBU”, tujuannya agar setiap anak selalu ingat dengan ibu yang telah membesarkan mereka sampai seperti sekarang. Sehingga tidak akan ada lagi anak yang nantinya durhaka dengan ibunya yang telah mengandungnya selama 9 bulan lamanya.

author