Daftar Perlengkapan Mudik yang Wajib Bagi Ibu Menyusui

Tidak terasa Lebaran sebentar lagi tiba, mudik ke kampung halaman tentu menjadi rencana kebanyakan orang diperantauan dan mungkin tidak terkecuali bagi Anda.

Nah jika kebetulan pada saat ini Anda adalah seorang ibu yang tengah menyusui, bolehkah ikut mudik? Tentu saja boleh, hanya saja Anda membutuhkan beberapa perlengkapan khusus agar rencana mudik Anda tetap berjalan lancar dan bayi Anda tetap mendapatkan asupannya ASI secara maksimal. Berikut beberapa daftar perlengkapan mudik yang harus dipersiapkan ibu menyusui:

anak ibu menyusui

  • Apron

Perlengkapan ini tentu sangat Anda butuhkan mana kala Anda harus menyusui si kecil dalam berbagai situasi. Apron akan membantu menutupi bagian payudara Anda ketika sikecil asik menyusu. Pilih apron yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda dan usahakan memilih bahan dari katun agar tidak panas. Selain itu pertimbangkan pula model apron yang mudah dan nyaman ketika digunakan.

  • Baju menyusui

Pilihlah baju yang agak longgar dengan bahan yang sedikit lentur dari jenis katun atau kaos. Untuk motifnya Anda dapat menyesuaikan dengan selera Anda. Yang penting baju nyaman dan memudahkan Anda gunakan untuk menyusui si kecil.

  • Breast pad

Perlengkapan ini juga tidak kalah penting ada dalam daftar perlengkapan mudik Anda. Gunanya adalah untuk menahan ASI supaya tidak merembas dan membasahi baju manakala kedua payudara penuh ASI.untuk breast pad saat mudik ada baiknya Anda menggunakan yang sekali pakai saja.

  • Bra khusus menyusui

Dengan bra jenis ini tentu akan memudahkan Anda ketika harus menyusui si kecil selama perjalanan. Pasalnya Anda tidak perlu membuka penuh bra, cukup pada bagian penutup areola saja yang dibuka. Pilih model yang menyediakan lubang bukaan cukup besar agar si kecil lebih leluasa ketika minum.

  • Hand sanitizer

Gunanya Adalah untuk membantu menjaga kebersihan tangan Anda selama perjalanan. Dengan demikian ketika harus berulang kali menyentuh payudara ketika menyusui si kecil tangan Anda akan tetap bersih dan bebas kuman.

author