Definisi Anak Nakal dan Beragam Penyebabnya

No comment 2799 views

Apa sebenarnya definisi anak nakal? Seorang anak yang dianggap nakal merupakan anak yang tidak mau menuruti perintah orang tua dan berlaku diluar kewajaran dalam konteks negatif. Sejatinya, kita tidak diperkenankan menyebut seorang anak sebagai anak nakal dan menganggapnya sebagai salah satu kebutukan di dalam masyarakat.

Seorang anak yang berperilaku di luar kewajaran pasti ada sebabnya dan tidak mungkin ia melakukan hal tersebut jika keadaan di dalam keluarga atau lingkungan sepergaulannya berjalan dengan baik. Untuk itu, anda disarankan untuk mengetahui penyebab, dan mencari cara mengatasi anak yang berperilaku negatif daripada hanya mencela dirinya saja. Berikut ini adalah beragam penyebab anak nakal yang perlu untuk anda ketahui.

Keluarga yang tidak harmonis

Ketika ayah dan ibu dari seorang anak terus bertengkar dan berdebat di depan anak, maka sudah pasti mental anak bisa sangat terganggu. Anak tidak lagi nyaman dengan situasi yang ada di rumah dan mereka memilih untuk bergaul bersama teman-temannya di luar sana. Lama-kelamaan, anak semakin tidak cinta rumah dan terus terpengaruh terhadap pergaulan bersama teman-teman yang ada di lingkungannya. Ketika pergaulan tersebut negatif, maka anak akan ikut-ikutan dan cap anak nakal tentu melekat dengan sangat erat.

Pendidikan agama yang kurang

Bisa jadi, anak tidak mempunyai landasan agama yang kuat ketika ia berada di lingkungan pergaulan. Sehingga, anak bisa dengan mudah terjerumus ke dalam lingkungan yang negatif. Ketika iman seorang anak goyah, itu berarti ia harus diberikan pemahaman agama secara perlahan dan tidak boleh dipaksakan. Terus bombing anak dengan aturan-aturan agama hingga ia keluar dari keburukan tingkah lakunya.

Orang tua yang sibuk

Saat ini, anak banyak bergantung dengan para pengasuh sementara kedua orang tuanya pergi bekerja hingga malam hari. Tentu saja, tingkah polah anak tidak dapat dimonitor dengan baik oleh orang tua dan bisa saja ia mempunyai kelakuan-kelakukan buruk. Bagaimana dengan pengasuh? Jarang pengasuh yang memperhatikan kelakuan anak secara detail dan kemudian membimbingnya secara menyeluruh.

Itulah definisi anak nakal dan beragam penyebabnya.

author