Diabetes Pada Ibu Hamil Beresiko Tinggi?

No comment 734 views

Seorang wanita akan merasa sempurna saat dirinya dinyatakan hamil. Dimana momen terindah ini tak semuanya dapat dirasakan oleh banyak kaum hawa dikarenakan beberapa faktor. Namun, bagaimana jika kabar baik ini harus dilewati dengan rasa takut karena adanya sejarah diabetes. Apakah kehamilan bisa beresiko tinggi terhadap janin yang ada di dalam kandungan?

Secara medis, diabetes pada ibu hamil memang digolongkan memiliki resiko yang sangat tinggi karena berpengaruh kepada kesehatan janin maupun ibu itu sendiri. Salah satunya adalah sulitnya mengontrol kadar gula darah karena proses kehamilan itu sendiri. Terlebih lagi, penderita diabetes yang sedang mengandung sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang dapat membahayakan kondisi janin.

diabetes pada ibu hamilInfeksi sangat besar kemungkinan akan terjadi karena peningkatan kadar gula darah yang terkadang sulit untuk dikontrol. Selain itu, pola makan yang harus dijaga dengan ketat agar tidak mengganggu pertumbuhan janin namun disisi lain mencegah gula darah naik juga harus diperhitungkan.

Perlu diketahui jika diabetes bukanlah penyakit menular yang bisa diberikan kepada janin yang sedang dikandung. Namun, besar kemungkinan jika penyakit yang satu ini dapat diturunkan secara genetika yang artinya di usia tertentu ia akan menderita diabetes.

Meskipun demikian, tak perlu terlalu khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah melakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui stabil tidaknya gula darah dan kebutuhan akan nutrisi yang tepat selama masa kehamilan. Tujuannya adalah agar janin tidak kekurangan nutrisi dan gula darah tetap stabil di angka yang normal.

Sangat direkomendasikan bagi wanita dimasa sebelum hamil untuk melakukan pengecekan kesehatan secara teratur agar gula darah dapat terkontrol dengan baik tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Melakukan diet serta berolahraga dipercaya memberikan kontribusi yang cukup besar bagi stabilnya gula darah.

Jangan pernah takut untuk hamil meski mengalami penyakit diabetes. Resiko terbesar yaitu kematian janin atau keguguran dapat dicegah seminim mungkin bila mau melakukan beberapa pola yang sehat. Dengan demikian diabetes pada ibu hamil dapat dilakukan pencegahan secara dini.

author