Diet Pada Anak, Perlukah?

No comment 807 views

Seringkali Anda mendengar, ihhh lucunya anak ini… atau duh,.. cubbynya anak kamu, jadi gemes dech!

Tanpa sadar banyak orang tua yang suka melihat kelucuan  dan gemas jika anak gemuk, tapi jangan sampai keterusan ya. Sebab jika dibiarkan anak akan mengalami obesitas hingga dewasa sehingga ditakutkan anak akan menjadi tidak percaya diri karena menjadi bahan ejekkan dari teman-temannya. Dan juga obesitas pada anak banyak menimbulkan kerugian lain, yaitu terganggunya kesehatan buah hati Anda sehingga perlu dipertimbangkan untuk meberikan diet pada anak.

Anda bisa menghitung terlebih dahulu Body Mass Index (BMI) buah hati Anda caranya:

berat badan (kg)/ [tinggi badan (m) x tinggi badan (m)].

Contoh: mis, tinggi badan 125 cm(1,25 m), berat badannya 38kg

Maka 40/[1,25 x 1,25] = 38/1,5625 = 25,56 kg/m2

BMI bisa dikatakan underweight jika hasilnya di bawah angka 18,5 kg/m2, BMI normal 18,5 – 22,9 kg/m2.  Sedangkan jika di angka 23 sampai 24,9 kg/m2 tergolong overweight.

Sedangkan jika dikatakan obesitas maka BMI berada di atas 24,9 kg/m2.

Untuk itu jika buah hati Anda mengalami obesitas, maka diperlukan program penurunan berat badan atau diet pada anak, tetapi diet pada anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Jika pada anak tidak perlu mengurangi porsi makan, tetapi harus memilih jenis makanan yang bergizi dan tinggi serat.

Misalnya, jika buah hati Anda suka makan mie maka bisa digantikan dengan bihun karena bihun terbuat dari tepung beras sedangkan mie terbuat dari terigu dan telor sehingga kalori yang didapatkan lebih tinggi.

Kurangi makan makanan yang digoreng tetapi digantikan dengan makanan yang direbus atau kukus, misalnya ayam goreng bisa digantikan dengan ayam rebus, seperti sup ayam.

Jangan lupa berikan aktivitas atau kegiatan pada anak sehingga tanpa terasa anak sudah melakukan olah raga, Anda harus membuat anak banyak gerak.

Mis, ajak jalan-jalan di mall selama 1 jam tapi jalan-jalannya non stop ya! Anda dapat juga mengajak bermain sepeda, bola atau ajak berenang setiap minggu sekali.

author