Dongeng Anak Penggembala dan Seekor Seigala

No comment 657 views

Mendongengkan sebuah kisah sebelum anak tidur, akan meningkatkan daya imaginasi anak. Daya imaginasi yang terus-menerus diasah ini akan berefek pada peningkatan kecerdasan anak. Banyak dongeng yang dapat Anda bacakan untuk anak Anda, salah satunya adalah dongeng anak gembala dan serigala:

dongeng

Ada seorang anak gembala yang rajin membawa domba-dombanya merumput di hutan. Suatu saat ia berfikir bagaimana nanti ketika ada srigala hendak menyerang kambing-kambingnya. Lalu ia melamun untuk sejenak memikirkannya. Sekejap ia, mengingat apa yang pernah dikatakan majikannya, “Jika kamu melihat kawanan srigala hendak menyerang, berteriaklah meminta bantuan.”

Sambil senyum-senyum ia mambayangkan kalau ia berteriak ada srigala lalu semua warga akan datang, padahal sebenarnya ia sedang berbohong. “Srigala…, srigala..!”

Mendengar teriakan Si Bocah gembala itu, warga langsung datang untuk membantu. Sesampainya di sana, warga kecewa karena mendapati tidak ada srigala dan Si Bocah tertawa di bawah pohon.

Hari berikutnya Sang Gembala berteriak lagi, bermaksud kembali mengerjai warga. “Srigala…, srigala….!”

Warga langsung bergegas meninggalkan pekerjaannya untuk menolong. Sesampainya di sana, warga kecewa karena mendapati tidak ada srigala dan Si Bocah tertawa di bawah pohon.

Hari berganti, Si Gembala tetap harus menjalankan rutintasnya menggembalakan kambingnya di Hutan. Tiba-tiba ada srigala sesungguhnya menyerang. “Srigala….., srigala…!” Namun tidak ada yang datang untuk menolong, karena takut dibohongi lagi. Akhirnya semua kambingnya habis dilalap srigala.

Dari kisah di atas pelajaran yang dapat kita ambil adalah sekali orang berbohong, maka tidak akan ada yang mempercayainya lagi. Nantikan juga dongeng-dongeng seru lainnya.

author