Fakta Mengenai Pneumonia Pada Anak!

No comment 675 views

Penyakit pada balita sering kali luput dari perhatian orang tua. Hal ini karena beberapa hal, salah satunya adalah orang tua yang hanya menganggap penyakit biasa. Contohnya pada saat si bayi mengalami penyakit batuk atau demam, orang tua hanya menganggap sepele, apalagi jika terus berlanjut hingga lama. Hal ini harus diwaspadai, bisa saja anak Anda terkena penyakit ganas. Salah satunya adalah Pneumonia, yaitu penyakit ganas penyebab kematian nomer 3.

Pneumonia Pada Anak

Ilustrasi

Pneumonia merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri dan juga virus di dalam tubuh. Gejala awalnya biasanya akan mengalami panas, batuk, dan pilek pada bayi berkepanjangan. Selaini tu, juga terdapat gangguan pernafasan pada bagian atas. Biasanya pneumonia ini akan menyerang paru-paru dengan virusnya.

Gejala Awal Pneumonia Pada Anak

  • Anak mengalami demam dan menggigil disertai dengan batuk-batuk.
  • Anak akan mengalami gangguan pernafasan yang mengakibatkan nafas tidak teratur, nafas berat, dan lainnya.
  • Nafas anak akan lebih cepat dari biasanya.

Pneumonia anak dapat di deteksi di laboratorium dengan beberapa tes dan diketahui virus apa penyebabnya. Namun yang menjadi penghambat adalah, biaya pendeteksian untuk penyakit ini tidaklah murah. Sehingga diagnosa awal sering terlewatkan dan berujung menjadi lebih parah.

Untuk penghindaran pneumonia pada anak ini Anda bisa memberikannya vaksin atau imunisasi yang biasa di dapatkan di puskesmas. Selain itu, jagalah selalu kebersihan lingkungan anak. Hindarkan juga asap rokok dari si kecil jika ada yang merokok.

Penyakit demam, batuk, dan juga pilek memang dirasa biasa. Namun hal tersebut jangan di sepelekan, karena bisa saja hal tersebut adalah gejala awal pneumonia. Tetap perhatikan kesehatan yah bunda!

author