Fungsi Keluarga

2930 views

Fungsi keluarga berfokus pada proses yang digunakan oleh keluarga untuk mencapai tujuan keluarga tersebut. Proses ini termasuk komunikasi diantara anggota keluarga, penetapan tujuan, resolusi konflik, pemberian makanan, dan penggunaan sumber dari internal maupun eksternal.


1.Fungsi Reproduksi

Keluarga yang dibangun melalui lembaga suci pernikahan, dimaksudkan untuk melahirkan keturunan yang sah. Namun saat ini, makin banyak keluarga yang tidak mampu melaksanakan fungsi ini. Faktor yang mempengaruhidiantaranya adalah gaya hidup tak sehat sehingga memicu kegagalan pasangan suami-istri mendapatkan keturunan. Di sisi lain, keluarga makin membatasi jumlah keturunan karena adanya kekhawatiran-kekhawatiran seperti: biaya persalinan mahal, biaya pendidikan anak mahal, dan malu kalau banyak anak. Terlebih kaum perempuan, makin banyak yang enggan hamil, melahirkan dan menyusui anak karena sibuk berkarier atau takut merusak keindahan tubuhnya. Padahal, bila fungsi reproduksi ini diabaikan, eksistensi keluarga dan bahkan manusia akan terancam.

2.Fungsi Ekonomi

Terbentuknya keluarga, berarti terwujudnya kesatuan dan kemandiri ekonomi. Keluarga mendapatkan harta dan membelanjakan untuk memenuhi keperluan seluruh anggota keluarga sehingga terwujud kesejahteraan. Namun, fungsi ini kerap sulit dilakukan sebuah keluarga manakala problem akses terhadap sumber-sumber ekonomi tertutupi. Banyak pengangguran dari kalangan suami, padahal dialah penopang nafkah keluarga. Di sisi lain, harga-harga kebutuhan pokok terus meroket sehingga nafkah kerap tak mencukupi untuk seluruh anggota keluarga. Sehingga tidak mengherankan apabila masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan.

3.Fungsi Sosial

Fungsi sosial di sini dimaksudkan bahwa dengan adanya keluarga otomatis memberikan status pada seseorang yang menjadi anggota keluarga selain itu juga terkadang menjadi sebuah prestise kepada anggota keluarga.

4.Fungsi Protektif

Fungsi protektif yang dapat dilakukan keluarga diantaranya adalah dengan  melindungi anggotanya dari ancaman fisik, ekonomis dan psikososial.

5.Fungsi Rekreatif

Selain fungsi-fungsi yang sudah disebutkan di atas, keluarga juga memberikan fungsi rekreatif bagi para anggotanya yaitu memberikan hal-hal yang bersifat menyenangkan atau yang bersifat hiburan.

6.Fungsi Afektif

Idealnya, keluarga merupakan sumber kasih sayang yang didapat oleh seseorang karena tumbuh kembang seseorang secara tidak langsung dipengaruhi oleh kasih sayang yang diberikan oleh keluarga. Namun sekarang ini, banyak anak-anak yang tidak memperoleh kasih sayang yang cukup dari keluarganya.

7.Fungsi Edukatif

Fungsi edukatif di sini adalah dengan memberikan pendidikan yang sebaik-baiknya bagi anak-anak dan ataupun anggota keluarga lainnya.

8.Fungsi Religius

Dalam hal ini, fungsi religius dilakukan dengan memberikan pengalaman keagamaan kepada para anggota.

Dari 8 fungsi keluarga di atas, semua berlandaskan pada fungsi keagamaan yang berikutnya akan mendorong empat fungsi keluarga lain yaitu fungsi reproduksi, edukasi, protektif, afektif. Pernyataan tersebut dapat dijelaskan bahwa fungsi agama merupakan fungsi utama dalam sebuah keluarga yang nantinya mempengaruhi reproduksi karena fungsi reproduksi diatur dalam perkawinan dan perkawinan diatur dalam agama. Fungsi keagamaan juga mempengaruhi fungsi edukasi, protektif, dan afeksi karena di dalam agama juga mengatur sebuah keluarga setelah keluarga tersebut mempunyai keturunan selanjutnya adalah harus merawatnya dengan baik, diantaranya dengan memberikan kasih sayang, pendidikan dan perlindungan baik fisik, ekonomi, dan psikososial. Selanjutnya keempat fungsi keluarga tersebut akan mendorong berjalannya tiga fungsi lain yaitu fungsi ekonomi, sosial dan rekreatif karena ketiga fungsi ini juga dibutuhkan dalam suatu keluarga.

author