Gejala Dan Jenis Anemia Pada Ibu Hamil

No comment 552 views

Ketika sedang hamil, tidak jarang ibu hamil terkena penyakit Anemia. Hal tersebut dapat terjadi karena sang ibu mengalami kekurangan sel darah merah, dan biasanya akan menyebabkan ibu hamil mudah lelah serta sering lemas. Bila dibiarkan secara berkelangsungan, nantinya penyakit anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi yang cukup serius seperti bayi yan lahir prematur.

anemia

Anemia pada ibu hamil sendiri ada beberapa jenisnya, yakni tergantung dari penyebab anemia pada ibu hamil tersebut. Biasaya ibu hamil yang mengalami anemia dikarenakan kekurangan zat besi untuk memproduksi protein dalam sel darah merah. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai jenis – jenis anemia pada ibu hamil silakan simak di bawah ini.

Anemia Difisiensi Folat
Folat yang biasanya disebut dengan asam folat termasuk ke dalam vitamin B, dimana Folat sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel – sel baru termasuk sel darah merah. Peranan Folat khususnya pada ibu hamil sangatlah penting, karena dapat membentuk sel darah merah yang kuat untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh supaya bayi nantinya tidak terlahir prematur.

Anemia Difisiensi Besi
Seperti yang diketahui, hemoglobin adalah salah satu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru – paru untuk disebarkan ke suluruh tubuh. Oleh karena itu, zat besi yang banyak terdapat pada sayuran hijau seperti bayam sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, pasalnya bila kekurangan zat besi juga akan memicu ibu hamil terkena anemia.

Anemia Difisiensi Vitamin B12
untuk membentuk sel darah merah yang baik, ibu hamil juga memerlukan vitamin B12. Oleh karena itu penuhilah asupan vitamin B12 anda ketika hamil, sebab jika tidak terpenuhi akan menyebabkan tubuh anda kesulitan dalam memproduksi sel darah merah.

Nah itulah penyebab serta jenis – jenis anemia pada ibu hamil, sebaiknya jika anda sudah mulai merasa lelah silakan segera periksakan ke dokter supaya diketahui apakah anda terkena anemia atau tidak. Terima kasih telah membaca ulasan kami kali ini, dan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

author