Gejala Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Penyakit kuning merupakan penyakit yang dapat menjangkit bayi yang baru lahir. Jika dibiarkan, penyakit kuning ini berbahaya, karena dapat menyebabkan kerusakan yang permanen pada otak yang disebut dengan kern icterus. Oleh karena itu, Bunda harus mengenali gejala bayi menderita penyakit kuning lalu melakukan pencegahan atau mengobati penyakit kuning pada bayi.

Mengenali gejala penyakit kuning pada bayi memanglah gampang-gampang susah. Prof. Dr. H. Guslihan Dasa Tjipta, SpA(K), seorang ahli kesehatan anak dari UNSU menjelaskan bahwa ketika bilirubin telah meningkat, warna kuning akan menyebar dari kepala,lengan, badan, dan akhirnya kaki. Nah ketika kadar bilirubin terus meningkat, Bunda dapat melihat bawah lutut serta telapak tangan bayi berwarna kuning. Yang harus Bunda lakukan untuk memastikannya adalah dengan menekan jari pada kulit yang diamati dan sebaiknya dilakukan di bawah cahaya/sinar matahari.

 cerebral - Copy

Pada orang dewasa atau anak-anak, penyakit kuning akan tampak ketika kadar bilirubin sebesar 2 Mg/ dl. Akan tetapi, pada bayi penyakit kuning baru akan tampak ketika kadar bilirubin bayi sebesar 5 Mg/ dl. Penyakit kuning pada bayi memang sulit diidentifikasi, akan tetapi kemungkinan penyakit kuning ini akan disertai oleh gejala lain seperti tampak sakit, demam, dan malas minum. Oleh karena itu, Bunda harus segera membawa anak ke dokter sekalian men-check-up kesehatan anak. Selain itu, juga perlu mengenali penyebab penyakit kuning pada bayi,   sehingga dapat mencegahnya.

author